HETANEWS

Jembatan Outer Ring Road Masih Mangkrak

Proyek pembangunan jembatan, Jumat 21 Februari 2019. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Belum lama ini, Dinas PUPR telah memutus kontrak dengan PT. Tisah Lestari sebagai kontraktor pembangunan jembatan di outer ring road. 

Dikatakan, pihak kontraktor tidak mampu menyelesaikan pembangunan proyek senilai Rp12 miliar tersebut. Sementara jembatan itu mulai dikerjakan Juni 2018 dan ditargetkan selesai Desember 2018. 

Karena jembatan itu tidak selesai dikerjakan, Dinas PUPR berencana untuk memblack list pihak kontraktor sebagai sangsi atas gagalnya proyek tersebut.

Rencana Dinas PUPR untuk melanjutkan pembangunan jembatan dengan melakukan tender ulang, sampai saat ini masih belum mendapat kejelasan. 

Menurut Pramodia Panjaitan sebagai PPK dari Dinas PUPR, tender ulang yang seharusnya dilakukan untuk mempercepat pembangunannya, belum dapat dilakukan dalam waktu dekat ini. 

"Belum tahu, harusnya (anggaran) masuk Dipa kita tahun ini. Menunggu pergeseran atau menunggu PAPBD lah," kata Panjaitan, Rabu (13/3/2019).

Meski demikian, ia mengatakan Walikota Siantar punya kewenangan untuk menentukan kelanjutan proyek pembangunan jembatan tersebut.

"Gak tahu lah itu, mungkin kepala dinas atau walikotalah yang menentukan itu. Kalau untuk bulan ini (pengerjaan proyek) belum," tandasnya. 

Pramodia menambahkan, pemutusan kontrak oleh pihaknya terhadap PT. Tisah Lestari juga sudah diketahui oleh pihak kepolisian. Dan beberapa waktu lalu pihaknya diperiksa oleh pihak kepolisian.

"Sudah disampaikan ke pihak kepolisian, pernah juga diperiksa terkait itu," kata dia.

Jembatan di jalan outer ring road tersebut terletak sebelum Jalan Tambun Timur, Kelurahan Tanjung Tongah, Kecamatan Siantar Martoba. 

Ada beberapa jembatan di sepanjang jalan oter ringroad. Proyek gagal ini merupakan jembatan kedua dari arah Sinaksak, Kelurahan Tambun Nabolon

Jalan lingkar luar atau outer ring road itu sepanjang 16 Km melalui Sinaksak, Kelurahan Tambun Nabolon, Kecamatan Siantar Martoba sampai ke kawasan Simpang Dua, Kecamatan Siantar Simarimbun, Kota Siantar

Anggota Komisi V DPR RI, Anthon Sihombing dalam kunjugannya ke Kota Siantar menyampaikan bahwa jalan outer ringroad tersebut akan segera tersambung di tahun 2019. 

Setahun kemudian, kata Anthon, akan dilakukan pengaspalan pada seluruh permukaan jalan sepanjang 16 Km.

Akibat berhentinya salah satu proyek pembangunan jembatan di outer ringroad, dikhawatirkan akan menghambat target penyelesaian pembangunan jalan lingkar luar tersebut.

Penulis: gee. Editor: gun.