HETANEWS

Dua Bulan Kasus Pengeroyokan di Jalan Kartini, Kinerja Reskrim Siantar Disoal

(tengah) Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggu gelar konferensi pers 3 pelaku pengeroyokan yang diringkus, beberapa waktu lalu. (ist)

Siantar, hetanews.com - Kasus pengeroyokan korban TA di Jalan Kartini pada 12 Januari lalu belum juga tuntas. Hingga kini, Polisi baru menangkap 4 pelakunya, namun tidak dengan pelaku lain yang telah ditetapkan masuk DPO (daftar pencarian orang).

Keempat pelaku tersebut AW, MS, ZE dan NM diringkus dari berbagai lokasi dan kini telah djebloskan ke dalam bui. Sementara 5 pelaku lain masih diburu petugas.

Pengamat hukum Reinhard Sinaga kepada hetanews, Selasa (12/3/2019), menyoal kinerja Reskrim Polres Siantar yang tak kunjung menangkap seluruh pelaku, meski saat kejadian terekam kamera CCTV (Circuit Closed Television).

"Iya termasuk lamban karena semua (pelaku) punya alamat dan bukti permulaan cukup dari pelaku yang ditangkap untuk bisa mengejar pelaku yang tersisa," ujarnya.

Baca juga: Reskrim Polres Siantar Terbitkan DPO Pengeroyok Wartawan

Baca juga: Polisi Tangkap DPO Pengeroyok di Jalan Kartini dari Rumah Mertua

Ia berpendapat hal ini bisa menjadi preseden buruk bagi Polisi karena urung menuntaskan kasus yang sudah masuk 2 bulan sejak peristiwa pengeroyokan terjadi. Apalagi pengeroyokan terjadi di muka umum atau di tengah keramaian.

"Ini bukan soal (kasus) ringan lagi, tapi sudah ada unsur kesengajaan, memanggil seseorang (korban) untuk dianiaya terkait pemberitaan. Ini kasus berat. Silakan kepolisian menungkap persoalan ini, kalau tidak terungkap besok-besok kenyamanan (untuk) masyarakat diragukan," pungkasnya.

Baca juga: Kapolres Sebut 3 Pengeroyok Wartawan di Siantar Anggota PP, Janji Ungkap Hingga ke Akar

Reinhard setuju apabila Polisi menyebarkan gambar pelaku yang masuk DPO ke publik sehingga dimungkinkan mampu memudahkan pekerjaan Polisi. Bisa jadi setelah gambar tersebar, pelaku menyerahkan diri.

Diberitakan, korban dikeroyok sejumlah pria yang datang menggunakan dua unit mobil di Jalan Kartini, Kelurahan Bantan, Kecamatan Siantar Barat. Kejadian ini terekam kamera pengintai yang di lokasi.

Penulis: bt. Editor: bt.