HETANEWS

6 Orang Terkena DBD di Kelurahan Aek Nauli, Warga Gelar Aksi Bersih

Warga Aek Nauli saat mengadakan aksi bersih lingkungan. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Sedikitnya 6 warga terkena Demam Berdarah Denque (DBD), di Kelurahan Aek Nauli, Kecamatan Siantar Selatan.

Mencegah meluasnya wabah itu, warga bersama pemerintah setempat dan Dinas Kesehatan Siantar, melakukan aksi bersih. 

Apalagi diketahui, beberapa tempat di Aek Nauli ini, didapati jentak-jentik, tepatnya di lokasi pemukiman warga. 

Untuk itu dilakukan pencegahan dengan membersihkan sampah maupun selokan yang nantinya menjadi tempat nyamuk berkembang biak. 

Warga pun melakukan aksi gotong royong bersama pemerintah setempat, Selasa (11/3/2019).

"Saya mengimbau kepada seluruh warga harus rutin membersihkan rumah dan pekarangan masing-masing, agar nyamuk tidak berkembang biak dan DBD pun tidak sampai menyerang warga," kata Camat Siantar Selatan, Titonica Zendrato.

Sementara itu, untuk melakukan pemusnahan terhadap nyamuk-nyamuk dewasa, Dinas Kesehatan akan melakukan pengasapan (fogging), pada Selasa besok.

Adapun korban DBD di Kelurahan Aek Nauli, yaitu Heriyanti siahaan (10), Nahum Harianja (4), Grace Siburian (15), Ratu Seba (8 bulan), Pdt Sitorus BR Siahaan (56) dan Titan Garingging (14).

Marudut Siburian (39), warga yang turut melakukan gotong royong sangat mengapresiasi kegiatan yang mereka lakukan bersama dengan Camat, Lurah, dan dari Dinkes/Puskesmas Aeknauli.

"Saya sangat berterimakasih dengan perhatian yang diberikan kepada kami. Juga berharap agar tidak ada lagi korban yang terkena penyakit DBD," ucapnya.

Marudut juga berharap agar masyarakat punya kesadaran yang tinggi, khususnya untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, agar tidak lagi ada korban yang bertambah akibat tidak bersihnya pekarangan maupun rumah warga.

Penulis: gee. Editor: gun.