HETANEWS

Ini Kata Grace Natalie Soal Peringkat Toleransi Kota Siantar

Pdt. Saut Sirait yang juga Dosen STT HKBP (kemeja putih) memberikan cenderamata kepada Grace Natalie, di Aula STT HKBP Pematangsiantar, Sabtu 9 Maret 2019 (foto :Hughes)

Siantar, hetanews.com - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie Louisa, berpendapat soal menurunnya peringkat toleransi di Kota Siantar berdasarkan penilaian Setara Institute Tahun 2018.

Politisi nasional yang baru saja memberikan pemaparan tentang kondisi intoleransi di Indonesia dalam acara diskusi ilmiah di aula STT HKBP Siantar, menilai toleransi di Kota Siantar lebih baik dari Ibu Kota Jakarta.

"Iya, informasinya Pematangsiantar menjadi kota ketiga yang toleran ya, jadi prestasi yang bagus, bahkan Jakarta salah satu yang masuk kota Intoleran yang cukup tinggi," kata Grace ditemui usai acara diskusi, Sabtu (9/3/2019).

Ia berpesan agar masyarakat di Kota Siantar tetap mempertahankan tingkat toleransi dan meningkatkan prestasi sebagai kota paling toleran agar bisa menjadi contoh bagi kota lainnya.

"Jadi terus dipertahankan, tentunya dengan segala keragaman, semoga bisa menjadi contoh untuk daerah daerah lain," ucap Politisi Perempuan kelahiran 1982 ini.

Baca juga: Grace Natalie Ingatkan Kondisi Intoleran di SUMUT

Natalie menambahkan, bangsa Indonesia sejak dulu sudah memiliki keanekaragaman suku, budaya dan adat istiadat. 

"Kita ini sudah given, sudah dari sononya berbeda beda. Jadi kalau kita intoleran, merampas hak hak orang lain, bahkan membuat orang lain tidak bisa mendapatkan hak hak dasarnya, pasti Indonesia akan menuju kehancuran," paparnya. 

Menurutnya, kehancuran bangsa bisa terjadi karena Intoleransi, apalagi adanya pemimpin bangsa dan politisi-politisi yang memanfaatkan agama sebagai alat politik untuk merebut kekuasaan. 

Berdasarkan penilaian Indeks Kota Toleran (IKT) oleh Setara Insititute pada tahun 2018, posisi kota Siantar berada diurutan ke-tiga setelah Kota Salatiga diurutan kedua dan Kota Singkawang diurutan pertama. 

Sementara pada tahun 2017 Kota Siantar berada pada urutan ke-dua dan tahun sebelumnya, Kota Siantar berada diurutan pertama kota paling toleran di Indonesia. 

Penulis: gee. Editor: edo.