HETANEWS.COM

Kabupaten Samosir Canangkan Bebas Rabies 2019-2021

Sekda Samosir, Jabiat Sagala (pegang mic) saat memberikan pengarahan. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Sebagai daerah tujuan wisata, Kabupaten Samosir, canangkan kawasan bebas rabies tahun 2019-2021.

Hal ini untuk mendukung kenyamanan dan keamanan para wisatawan.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Peternakan Dinas Ketapang dan Peternakan Sumatera Utara, Mulkan Harahap, dalam rapat pembahasan vaksinasi massal, di Kabupaten Samosir, di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (6/3/2019), lalu.

Dinas Ketapang dan Peternakan Provinsi, bersama Balai Veteriner Kementerian Pertanian akan membantu Pemkab Samosir, dalam memberantas virus rabies, pada Tahun 2019-2021. Samosir akan melakukan vaksinasi massal yang akan dimulai, pada bulan April 2019 yang berkelanjutan hingga Tahun 2021 mendatang. Sedangkan anggaran untuk pelaksanaan vaksinasi tersebuit, bersumber dari dana APBN.

Adapun beberapa kendala yang sering terjadi dalam melaksanakan vaksinasi massal, antara lain, sulitnya kesadaran masyarakat dalam mendukung penyuntikan vaksin kepada hewan peliharaannya. Oleh karena itu, diharapkan kerjasama Pemkab Samosir dalam melaksanakan kegiatan ini, agar terlaksana dengan baik, ujar Kabid Peternakan.

Para OPD dan Camat saat mengikuti pertemuan. (foto/stm)

Rencana ini, disambut baik pihak Pemkab Samosir, melalui Sekretaris Daerah, Jabiat Sagala.

Katanya, bahwa pemberantasan penyakit rabies sangat penting, mengingat Samosir sebagai daerah tujuan wisata yang bertaraf international, sehingga sangat perlu memberikan kenyamanan kepada wisatawan maupun di kalangan masyarakat. Rabies menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh seluruh kalangan terlebih para wisatawan, ujarnya.

Sekretaris Daerah juga menghimbau agar seluruh pihak  mendukung program pemberantasan rabies di Kabupaten Samosir.

Kadis Pertanian Kabupaten Samosir, Victor Sitinjak diminta agar membuat sebuah regulasi yang menjadi dasar hukum dalam pelaksanaan pemberantasan rabies di Kabupaten Samosir, agar dapat terlaksana dengan baik dan sukses.

Pertemuan ini juga turut dihadiri beberapa Pimpinan OPD, para Camat, Staf Ahli Bupati dan penyuluh vaksinasi Kabupaten Samosir.

Penulis: stm. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!