HETANEWS

Zainal Sebut Pergantian 3 Pejabat Disdukcapil Berdasarkan Penilaian Ombudsman

Suana pelantikan 77 pejabat di lingkungan Pemko Siantar oleh Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Plt Kepala BKD Siantar, Zainal Siahaan, menanggapi mutasi 3 pejabat yang menangani administrasi kependudukan, di Disdukcapil Kota Siantar. 

Zainal mengatakan, khusus pejabat Eselon II  di Disdukcapil sudah mendapat persetujuan dari Mendagri. Menurut dia, itu sudah memenuhi UU No.24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan.

"Yang ada aturan yang sebelumnya kita terima itu, untuk Eselon II. Kita belum dapat itu, struktural yang ke bawahnya," kata Zainal saat dihubungi via telephone, Rabu (6/3/2019).

Diketahui, ada surat Dirjen Dukcapil berisi tentang penundaan pengangkatan dan pemberhentian pejabat yang menangani administrasi kependudukan, di daerah, mulai 1 Maret 2019 sampai 1 Mei 2019.

Sementara Wali Kota, Hefriansyah telah melakukan mutasi dan rotasi kepada 3 pejabat Disdukcapil Siantar, pada Selasa 5 Maret 2019, lalu.

"Kalau surat itu kita belum dapat, mutasi dan rotasi dilakukan sebelum ada surat itu. Yang ada aturan sama kita hanya untuk eselon II saja dan itu kita sudah ada persetujuan," kata dia.

Menurut dia, pemberhentian maupun pergantian pejabat di Disdukcapil, bisa dilakukan langsung, asal pejabat tersebut memiliki pengetahuan administasi kependudukan.

"Sepengetahuan kami, bisa langsung diganti. Misalnya pejabat yang menduduki jabatan itu memiliki pengetahuan administrasi, misalnya camat, yang mengurusi kependudukan itu boleh," ucapnya.

Kemudian Zainal menambahkan, mutasi dan pergantian 3 pejabat di Disdukcapil itu, berdasarkan ada penilaian Ombudsman. Meski demikian, ketiga pejabat itu tidak non job, katanya.

"Penilaiannya Ombudsman kemarin ada kategori kuning, salah satunya adalah pelayanan Disdukcapil," ungkapnya.

Oleh sebab itu, sambung Zainal, maka dilakukan penyegaran agar pelayanan Disdukcapil kepada masyarakat semakin lebih baik lagi. 

Ketiga pejabat di Disdukcapil Siantar yang dimutasi ialah Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Roma sijabat. 

Roma dimutasi ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Siantar sebagai Kabid Perlindungan Hak Perempuan dan Anak.

Baca juga: Pejabat Disdukcapil Siantar Ini Mengaku Dapat Kabar Dilantik Jam 11 Siang

Kemudian Sekretaris Disdukcapil Kota Siantar, Abisah Barus. Abisah dimutasi ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, sebagai Sekretaris Dinas.

Terakhir, Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi  Pelayanan Disdukcapil,  Romana Elisabet Silitonga. 

Elisabet dimutasi ke Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlulindungan Anak, menjabat sebagai Kabid Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga.

Penulis: gee. Editor: gun.