HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Koramil Sooko Bersama Instansi Terkait Karya Bakti Bersihkan Sampah

Personel Koramil 0815/03 Sooko Bersama Instansi terkait Saat Karya Bakti Pembersihan Sampah Di Jembatan Sungai Brangkal, Rabu (06/03)

Mojokerto, hetanews.com -  Sejumlah Satu Regu Personel Koramil 0815/03 Sooko Kodim 0815 Mojokerto melaksanakan karya bakti dengan sasaran pembersihan sampah yang menumpuk di pinggir Jembatan Brangkal, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Rabu (06/03/2019).

Selain Satu Regu Personel TNI dari Koramil 0815/03 Sooko, dalam karya bakti tersebut melibatkan Personel Kodim 0815 Mojokerto sebanyak 20 personel, Polsek Sooko 7 orang, Kecamatan Sooko 6 orang, DLH Kabupaten Mojokerto 20 orang, BLH Propinsi Jatim 2 orang, DPUPR Kabupaten Mojokerto 30 orang, dan 14 orang Warga Masyarakat Desa Brangkal, secara keseluruhan berjumlah 108 orang.

Danramil 0815/03 Sooko Kapten Inf Hari Subiyanto, saat di lokasi mengatakan, karya bakti pembersihan sampah di dekat Jembatan Brangkal ini dilakukan bersama Forpimka Sooko, Dinas Lingungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, BLH Propinsi Jatim, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) dan Warga Masyarakat Desa Brangkal.

Masih kata Danramil, selain tumpukan sampah yang ada di pinggir jembatan, karya bakti ini juga menyasar  semak belukar dan rumput liar yang tumbuh di sekitar jembatan maupun bantaran Sungai Brangkal.

“Diharapkan dengan dilakukannya karya bakti ini lingkungan di sekitar jembatan terbebas dari sampah, bersih dan tidak berbau. Selain itu dengan pembersihan sampah ini, maka akses jalan masuk di pinggir Sungai Brangkal semakin lebar sehingga memudahkan lalu lintas warga setempat,” ungkapnya.

Pantauan di lapangan, dalam karya bakti tersebut mendapat dukungan sarana dan alat angkutan berupa Dump truck dari DLH Kabupaten Mojokerto 4 unit, Dump truck dari DPUPR Kabupaten Mojokerto 2 unit, 1 unit ekskavator dan 1 unti kendaran Tosa pengangkut sampah.  

Tampak gabungan personel TNI-Polri, Dinas/Instansi terkait bersama warga masyarakat bahu membahu secara gotong royong melakukan pembersihan sampah dan semak belukar dengan menggunakan cangkul, sabit, garu, sekop dan parang.   

Sedikitnya dalam karya bakti tersebut berhasil mengumpulkan sampah sejumlah 10 dump truck dan selanjutnya dibuang dibuang ke TPA Belahan Tengah Mojosari.

Turut serta di lokasi kegiatan, Camat Sooko Masluchman, SH., M.Si., Kapolsek Sooko AKP Purnomo, A.Md., DLH Kabupaten Mojokerto Sumiono, BLH Propinsi Jatim Yudha Hari Pancoro dan Kades Brangkal H. Sadi.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: anto.