HETANEWS

Bupati Humbahas Harapkan PKK juga Sukseskan Pertanian

Ketua TP. PKK Humbahas, Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor, menyampaikan sambutan pada acara Latihan Pengelola Program dan Penyuluhan. (Foto/Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) tetap mengembangkan sektor pertanian dalam upaya khusus (Upsus) produksi padi, jagung dan kedele (pajale) yang dapat berdampak positif, pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Upaya ini perlu didukung seluruh masyarakat, termasuk Tim Penggerak (TP) PKK mulai dari TP. PKK Kabupaten, Kecamatan dan Desa.

Demikian himbauan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekdakab Humbahas, Tonny Sihombing, pada acara Latihan Pengelola Program dan Penyuluh (LP3) PKK, Rabu (6/3/2019), di Pendopo, Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

Selain Upsus Pajale, pemerintah juga berupaya untuk mengembangkan berbagai komoditas pertanian dan perkebunan, sehingga lahan-lahan tidur yang ada bisa menjadi lahan produktif. Himbauan ini juga harus didukung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku anggota pembina, bergandengan tangan dengan TP. PKK untuk mengajak keluarga-keluarga di desa-desa lebih menitikberatkan pertanian menjadi andalan sumber pendapatan keluarga sehingga dapat mewujudkan Humbang Hasundutan yang HEBAT dan Bermentalitas Unggul.

Tonny menambahkan, Keberhasilan pembangunan hanya dapat diraih, apabila semua pihak saling bergandengan tangan dan bahu membahu dalam pembangunan, karenanya TP. PKK harus berperan aktif dalam melakukan pembinaan kepada masyarakat dan keluarga. “Kami sangat mengharapkan kepada TP. PKK sebagai peserta agar peserta mengikuti LP3 PKK ini dengan penuh perhatian dan semangat sehingga apa yang diperoleh nantinya dapat diterapkan ditengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Humbahas, Ny. Lidia Dosmar Banjarnahor dalam sambutan dan eksposenya, menyampaikan, bahwa pelatihan ini merupaka wadah menimba ilmu dan mendapatkan informasi terkait dengan gerakan PKK untuk mendalami perubahan, sehingga para kader dapat menyikapinya secara dinamis, optimis dan kritis, sehingga mutu kader lebih baik secara bertahap dan berkesinambunan.

Disamping banyak program PKK yang akan dikerjakan tahun 2019 ini, TP PKK mengundang narasumber dalam pelatihan ini, salah satunya Kadis Pertanian, Junter Marbun, untuk memaparkan bagaimana membudidayakan tanaman unggulan.

Dengan demikian masyarakat bisa mengolah lahan-lahan tidur untuk berbagai budidaya pertanian, dengan contoh-contoh yang dibuat oleh kader-kader PKK.

Dalam acara kegiatan ini, selain Latihan Pengelola Program dan Penyuluhan, akan diadakan lomba kebersihan se-Kabupaten Humbahas dengan tema ‘5P’, Paias Roham, Paias Pamatangmu, Paias Paheanmu, Paias Bagasmu dan Paias Alamanmu (Bersihkan hatimu/ jiwamu, bersihkan tubuhmu, bersihkan pakaianmu, bersihkan rumahmu dan bersihkan halamanmu-red). Kelima unsur ini adalah hal mendasar yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Ditambahkannya, TP. PKK harus mampu menjadi motor utama dalam mengedukasi dan memberikan contoh kepada masyarakat atas isu-isu seperti stunting, eliminasi tuberculosis dan peningkatan cakupan mutu imunisasi. 

Ketua TP. PKK juga mengajak seluruh peserta untuk turut serta mengatasi permasalahan limbah plastik. 

“Secara khusus saya menghimbau bapak/ibu sekalian untuk turut mendukung pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah plastik. Negara kita masuk dalam urutan kedua sebagai negara penyumbang limbah plastik terbesar di dunia. Untuk itu kedepan marilah kita merubah gaya hidup dengan cara mengurangi kebiasaan memakai barang konsumsi sekali pakai, seperti penggunaan sedotan plastik, kantong kresek,”himbaunya.

Pada kesempatan yang sama dalam laporannya, Kadis PMDP2A,  Vandeik Simanungkalit, melaporkan, salah tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan visi dan misi PKK yaitu, terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada TYME, berakhlak mulia, dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan. 

Turut hadir pada kegiatan ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Humbahas, Ny. Marista Tonny Sihombing, Plt. Asisten Pemerintahan, Makden Sihombing, Asisten Perekonomian dan Pembangunan,  Lamhot Hutasoit, Asisten Administrasi Umum dan Kesra, Janter Sinaga, para staf ahli, kepala OPD, TP. PKK Kabupaten, TP. PKK Kecamatan dan TP. PKK Desa serta sejumlah staf dan insan pers. 

Penulis: rachmat. Editor: gun.