Binjai, hetanews.com - Anggota Ikatan Pedagang Pasar Binjai (IPPB), berhasil menggagalkan aksi pencurian mobil Mitsubishi L300 BK 8867 RE, di bawah Sky Cross, Jalan Sudirman Binjai, Rabu (6/3/2019).

Beruntung, nyawa pelaku, Ali Ramadhan (40), berhasil diselamatkan oleh anggota IPPB yang bertugas saat itu dari amukan masyarakat yang menghajarnya.

Informasinya, pelaku berusaha mencuri mobil pengangkut sayur yang parkir, di bawah Sky Cross dengan merusak stop kontak mobil.

Saat mau menyalakan mobil, aksinya ketahuan oleh anggota IPPB, yang bertugas mengawasi keamanan Pajak Tavip.

Setelah dipergoki, pelaku berusaha melawan. Mereka sempat berkelahi dengan pelaku yang berusaha melarikan diri.

Melihat hal tersebut, pedagang berteriak maling berulang kali, hingga mengundang perhatian pedagang dan masyarakat yang sedang beraktifitas.

Mobil sayur yang akan dicuri pelaku.(foto/jufri)

"Mereka ada tiga orang. Dua lari pakai kereta (sepeda motor) dan menabrak masyarakat sampai patah kaki,"jelas warga.

Usai dihajar masyarakat, anggota IPPB membawa pelaku ke Pos IPPB, di seputaran Pajak Tavip dan menghubungi pihak kepolisian dan menyerahkannya ke polisi.

Saat diperiksa di Unit Pidum Sat Reskrim Polres Binjai, pelaku Ali Ramadhan, mengaku tinggal di Jambi. Dia ke Binjai, karena tidak memiliki uang untuk pulang ke Jambi.

"Aku tak punya uang, aku diturunkan di tugu sama awan ku dan disuruh ke Sky Cross," kata Ali.

Dia menceritakan, dia juga melihat ada dua pelaku lain melarikan diri pakai sepedamotor. "Waktu dikejar warga, mereka lari. Aku ditangkap dan dipukuli," katanya.

Ps Kasubbag Humas, Iptu Siswanto Ginting, mengatakan, perkara tersebut masih ditangani oleh penyidik Sat Reskrim. "Pelaku masih diperiksa,"kata mantan Kanit Intelkam Polres Binjai itu.