HETANEWS

Togar Sitorus Menolak Berkomentar Terkait Birokrasi di Lingkungan Pemko Siantar

Togar Sitorus menyami para Pejabat di lingkungan Pemko Siantar yang baru dilantik, Selasa (5/3/2019). (Foto/Humas Pemko Siantar)

Siantar,hetanews.com - Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus, tampaknya  belum sepenuhnya memahami penataan birokrasi yang bersih, berkompetensi dan transparan untuk Pemko Siantar.

Hal itu kelihatan ketika Togar Sitorus yang diwawancarai awak media usai pelantikan 77 pejabat di lingkungan Pemko Siantar, Selasa (5/3/2019), di halaman Balaikota Siantar.

Sejumlah awak media, mengajukan pertanyaan terkait pelantikan, khususnya pelantikan Jabatan Tinggi Pratama Eselon II B yang masih menyisahkan jabatan yang kosong.

Togar Sitorus, saat itu keluar dari ruangan pelantikan, berjalan menuju kantor Balaikota. Ia terlihat hanya mendengar pertanyaan, seraya berjalan cepat. 

"Tanya aja Sekda (Sekretaris Daerah)," ucapnya singkat, seraya bergegas.

Mendengar jawaban politisi Partai Demokrat itu, para awak media, berhenti mengikutinya.

Masih di tempat yang sama, Sekretaris Daerah yang diwawancarai di salah satu koridor Balaikota Siantar, mengatakan, bahwa jabatan kosong itu segera akan dilelang.

Baca juga: Ini Nama Pejabat yang Dilantik Wakil Wali Kota Siantar

"Jabatan yang kosong (untuk Eselon II B) akan diisi. Kan ada prosesnya lagi. Nanti akan ada open biding mengenai itu," ucap Budi Utari.

Dari 6 Pejabat Tinggi Pratama, Eselon II B yang dilantik itu, mengakibatkan dua pejabat yang menduduki jabatan sebelumnya non job.

Keduanya, M Akhir Harahap yang sebelumnya menjabat Asisten II dan Poltak Manurung yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Siantar.

Selain itu, bertambah tiga OPD yang mengalami kekosongan jabatan. 

Ketiganya ialah Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPPD), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Siantar.

Sebelumnya, jabatan kosong di OPD yang belum diduduki pejabat defenitif, hingga pelantikan ini dilangsungkan ialah 

Dinas PUPR, Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga, Sekretaris Dewan, Staf Ahli bidang Kemasyarakatan dan Staf Ahli bidang Pemerintahan.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus, melantik dan mengambil sumpah jabatan, pejabat di lingkungan Pemko Siantar yang digelar, di ruang data Balaikota Siantar, Selasa siang.

Pelantikan pejabat ini, berjumlah 77 orang yang terdiri dari pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, dan pejabat pengawas. 

Pejabat pimpinan tinggi pratama, Eselon II B 6 orang. Pejabat administrator: eselon III A 16 orang, eselon III B 11 orang dan pejabat pengawas: Eselon IV A 28 orang, dan Eselon IV B 16 orang. 

Penulis: gee. Editor: gun.