HETANEWS

Running Text Puskesmas di Semarang Diretas Ajakan Pilih Prabowo

Running text Puskesmas Srondol diretas. (Foto: tangkapan layar dari video di medsos).

Semarang, hetanews.com - Layar tulisan berjalan di Puskesmas Srondol, Semarang, membuat heboh pasien yang datang. Layar itu diretas dan muncul tulisan untuk mendukung paslon nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Salah satu netizen memposting video teks berjalan itu. "hacked by: Sir.Kz0L|-L4EFY-| Ha Ha in Your System:v Pilih No. 2 PRABOWO SUBIANTO-SANDIAGA UNO," begitu bunyi penggalan teks yang berjalan. Tulisan berlanjut dengan pesan lain salah satunya mengajak unsubscribe Atta Halilintar.

Kepala Puskesmas, Muhammad Hidayanto, mengatakan dirinya mengetahui hal itu sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu dirinya sedang breafing dan mendapat informasi dari karyawannya.

"Saya tahunya pukul 08.30 WIB. Diberitahu karyawan saya ada tulisan itu," kata Hidayanto, Senin (4/3/2019).

Ia pun mengambil tindakan cepat dengan meminta agar layar yang ada di ruang tunggu itu dimatikan. Hidayanto kemudian melaporkan ke Dinas Kesehatan Kota Semarang.

"Itu menyambung dengan wifi, sudah di-password. Kalau dari kita tidak mungkin," kata dia sembari menambahkan pada pukul 13.00 WIB perangkat teks berjalan itu dicopot untuk mencegah hal tersebut terulang

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Widoyono mengatakan pihaknya akan menelusuri rekaman CCTV setidaknya mengetahui adakah kemungkinan pelaku di antara pengunjung yang hadir.

"Apakah ada orang-orang yang menyaru di pasien, kok ya yang di-hack running text Puskesmas," kata Widoyono.

Pihaknya juga akan melakukan rapat internal terkait apakah akan ada pelaporan ke kepolisian atau tidak. Widoyono menyayangkan peristiwa peretasan layar yang seharusnya menyajikan informasi kesehatan itu.              

Sumber: detik.com

Editor: gun.