HETANEWS

Siap - Siap, Minggu Depan Inspektorat Humbahas Mulai Turun ke Desa

Kantor Inspektorat Daerah Humbahas. (foto/rachmat)

Humbahas, hetanews.com - Inspektorat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) akan segera menurunkan tim pemeriksa ke 153 desa yang tersebar di Kabupaten Humbahas. Tim tersebut diturunkan untuk melakukan pemeriksaan terkait pengelolaan dana desa.

Inspektur Kabupaten Humbahas, BP. Siahaan, melalui Inspektur Pembantu 3, Edison Manurung mengatakan, inspektorat selain melakukan audit kinerja terhadap kegiatan yang dilaksanakan organisasi perangkat daerah (OPD), juga melakukan audit terhadap desa. 2018 inspektorat melakukan pemeriksaan ke desa tersebut hanya sampel di beberapa desa saja pada setiap kecamatannya.

“Sekarang kami berupaya dengan memaksimalkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di inspektorat, kami tahun ini mencoba melakukan pengawasan lebih maksimal terhadap desa,” katanya ketika ditemui hetanews.com di ruang kerjanya, Jumat (1/3/2019).

Ia menuturkan, dengan jumlah 153 desa di 10 kecamatan, tentu memerlukan waktu dan pengaturan personel yang efektif. “Tapi, kami coba maksimalkan seluruh SDM yang ada di inspektorat, dibentuk tim pemeriksa,” ujarnya. 

Selain itu, tutur dia, pihaknya ingin melakukan pencerahan, pembinaan, dan meningkatkan ketaatan sesuai petunjuk pelaksanaan petunjuk teknis kaitan pengelolaan dana desa. Program-program desa yang dianggarkan dari dana desa peruntukkannya sudah sangat jelas.

“Kami harus mengawal itu. Bagaimana mekanasime perencanaan dana desa itu lebih akuntabel kita harus lakukan pencerahan, pembinaan, dan pencerahan dari inspektorat, kami harus lakukan pembinaan, pencerahan, dan memberikan arahan-arahan. Program desa itu harus dilaksanakan sesuai aturan,” tuturnya.

Ditambahkannya, rencana pemeriksaan di desa akan berjalan minggu depan. Inspektorat akan menurunkan tim. “Kami atur tim itu supaya mereka menjangkau semua desa. Jadi, tim tersebut diharapkan mampu mencakup semua desa, jadi nanti diatur lagi teknisnya,” katanya.

Penulis: rachmat. Editor: gun.