HETANEWS

Gempa Bumi Bermagnitudo 3,1 pada SR Mengguncang Berastagi Tanah Karo, Ini Pusat Kedalaman Gempa

Sketsa BMKG yang menunjukkan adanya aktivitas kegempaan di wilayah Berastagi, dan sekitarnya, Jumat (3/1/2019) dini hari tadi. (Tribun-medan.com/Nasrul/BMKG Doc)

Berastagi, hetanews.com-Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Berastagi, Tanah Karo dan sekitarnya, Jumat (1/3/2019) dini hari.

Menurut keterangan Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan, S.Si, M.Si, gempabumi terjadi pada pukul 01:27:39 WIB dengan kekuatan M=3.1.

Edison mengungkapkan, episenter gempabumi terletak pada koordinat 3.35 LU dan 98.63 BT.

Tepatnya di darat 11 km Barat Daya Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara, pada kedalaman 10 km.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempabumi," ujar Edison.

Berdasarkan informasi masyarakat, intensitas guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di Berastagi I-II MMI.

Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban.

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang mengguncang Bumi Turang ini, hingga saat ini belum terdapat informasi adanya korban atau bangunan yang rusak.

"Hingga kini juga tidak ditemukan adanya aktivitas gempa susulan," ungkapnya.

Dengan adanya peristiwa ini, pihaknya mengimbau kepada masyarakat di sekitar wilayah Berastagi agar tetap tenang. Serta terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD Karo.

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.