HETANEWS.COM

Bangkitkan Semangat Wirausaha Muda, Kepsek SMKN 1 Kisaran Resmikan 'Market Day'

Kepala SMKN 1 Kisaran, Drs. Edu Butar-Butar (peci hitam) saat diabadikan bersama para guru, staf dan siswa-siswi, peserta 'Market Day 1st', di halaman sekolah setempat, Jalan Akasia, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Kamis (28/2/2019) pagi, pukul 08.00 WIB. (Foto/Rendi)

Asahan, hetanews.com - Di era globalisasi seperti saat ini, perkembangan dunia pasar semakin hari semakin massif dan tak terkendali.
Beberapa faktor yang mempengaruhinya, antara lain, terbatasnya lapangan pekerjaan dan jumlah pertumbuhan penduduk yang tiap tahunnya bertambah.

Maka dari itu, sebagai generasi penerus bangsa, dituntut pro aktif dalam menyikapi dan menyiasati permasalahan tersebut.

Demikian disampaikan Kepala SMK Negeri 1 Kisaran, Drs Edu Butar-Butar, saat membuka dan meresmikan kompetensi keahlian bisnis daring, bagi siswa/i jurusan pemasaran atau populer disebut 'Market Day', di halaman sekolah setempat, Jalan Akasia, Kelurahan Mekar Baru, Kecamatan Kota Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, pada Kamis (28/02/19) pagi, pukul 08.00 WIB. 

Acara yang digagas pihak sekolah dan baru pertama kali dilaksanakan ini, mendapat apresiasi dan sambutan positif, baik dari peserta maupun para pedagang yang biasa menjajakan dagangannya di luar sekolah.

Amatan hetanews.com di lokasi, para siswa/i dibagi menjadi 10 kelompok dan ikut berbaur, bersama pedagang yang ikut meramaikan stand-stand yang dibuka, mulai dari stand bakso, mieso, kolding durian, sate padang, ayam penyet, thai tea, mie rebus, piscok, dan siomay.

Faridah Izrawani Harahap, sebagai ketua panitia dan juga berstatus guru tetap, di sekolah tersebut, menjelaskan, bahwa kegiatan 'Market Day' tersebut bertujuan untuk menumbuhkembangkan kreatifitas bagi siswa/i pemasaran, agar kedepannya dapat mempersiapkan diri dalam dunia usaha dan bisnis. Apalagi, sambungnya, tamatan SMK hari ini dituntut untuk menjadi ahli dalam dalam bidangnya masing-masing dan sebisa mungkin membuka lapangan kerja.

"Ya minimal ketika kita menamatkan SMK, kita sudah punya bekal untuk menentukan arah kedepannya, terutama bagi siswa/i pemasaran, diharapkan sebisa mungkin setelah tamat dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat di tengah-tengah masyarakat,"ungkap Faridah, disela-sela acara pada hetanews.com.

Penulis: rendi. Editor: gun.