HETANEWS

HPSN 2019 di Sergai, GERAPPAH Terjun Bersihkan Sampah

Bupati Sergai, Soekirman didampingi Kadis Pendidikan saat mengutip sampah pada acara HPSN. (foto/sutrisno)

Sergai, hetanews.com - Peringatan Hari Peduli Sampah (HPSN) Tahun 2019 tingkat Kabupaten Sergai, melibatkan Gerakan Pelajar Peduli Sampah (GERAPPAH), di pusatkan di seputaran Tugu Juang Sungai Ular, kecamatan Perbaungan, kabupaten Sergai yang dihadiri ribuan pelajar SD, SMP dan masyarakat, Kamis (28/2/2019) pagi tadi.

Bupati Sergai,H Soekirman dalam sambutannya, mengatakan,  peringatan HPSN ini sudah dua kali dilakukan Sergai,  yang pertama oleh Polres Sergai dan saat ini dilaksanakan jajaran Dinas Pendidikan Sergai.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan timbul kesadaran masyarakat terhadap kepeduliannya terhadap sampah.

Pada zaman dahulu, para pahlawan berperang melawan penjajah, maka sekarang ini, kita akan berperang terhadap sampah dan membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, ujarnya.

Sementara Kadis Pendidikan Sergai, Jhoni Walker Manik,  menyampaikan, bahwa GERAPPAH sebagai wujud nyata siswa terhadap kepedulian sampah dan diharapkan Kabupaten Sergai  akan menjadi Kabupaten Adiwiyata, dengan semakin gencarnya  membersihkan lingkungan, seperti mengutip sampah. Sampai pada akhirnya sampah tidak ada lagi yang berserakan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, ucapnya.

Pada hari ini, sampah yang  sudah terkumpul serta kita timbang hasilnya, sampah organik sebanyak 421 kg dan sampah anorganik 386, 5 kg dengan jumlah total  807,5 kg, kata Joni.

Penulis: sutrisno. Editor: gun.