HETANEWS.COM

Sekitar 6 Bulan Surat Tanah Tak Kunjung Selesai, Pemdes Marubun Dipertanyakan

Nasron, warga Desa Marubun saat memberikan keterangan kepada hetanews.com terkait surat tanahnya tak kunjung selesai. (foto/dmk)

Sergai, hetanews.com – Warga yang telah membeli sebidang tanah, seharusnya didukung dengan surat tanah yang sah yang dikeluarkan oleh pihak Pemerintahan Desa (Pemdes). Tetapi tampaknya tidak bagi warga Dusun 4, Desa Marubun, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Sergai yang satu ini. 

Nasron, warga Dusun 4 Desa Marubun kepada hetanews.com, Sabtu (23/2/2019), lalu, menjelaskan kronologis yang dialaminya.

Katanya, kejadian ini berawal ketika sekitar bulan Juni 2018, lalu, saat dia membeli sebidang tanah seluas 400 m/per segi dengan harga Rp33 juta yang terletak di Dusun 4 Desa Marubun dari B Sitorus yang bekerja sebagai mandor, di PT Bridgestone, warga Desa Nagur Pane, Kecamatan Sipispis. 

Kemudian setelah dilakukan pengukuran tanah, sekaligus pembayaran di rumah Nasron dan disaksikan Kadus (Kepala Dusun 4) serta jiran tetangga, surat tanah atas nama B Sitorus diberikan Nasron kepada Kepala Dusun 4, bernama Ali Suman Siregar dengan tujuan dibuatkan surat tanah yang baru atas nama anaknya. 

Kadus 4 Desa Marubun, Ali Suman Siregar (pinggir) mengenakan kemeja biru. (foto/dmk)

Namun, hingga saat ini, surat tanah yang dinantikan N, tak kunjung diberikan oleh Kadus maupun Pemdes Marubun.

Untuk itu, N berharap ada kejelasan  dari pihak Kadus maupun Pemdes. "Jangan karena saya ini orang susah, jadi dipermainkan seperti ini, "ungkapnya. 

Sementara itu, di hari yang sama Kades Marubun, Kecamatan Sipispis, Kabupaten  Sergai, Endang Suhefni, saat dikonfimasi hetanews.com via handphone, Sabtu (23/2/2019), mengatakan, pihak Desa akan menjembatani masalah ini. "Kami berharap emua kita berkumpul agar tidak ada yang tertinggal dalam menyelasaikan masalah ini,  “tulisnya melalui pesan singkat (SMS). 

Tepisah, Camat Sipispis, Kahar Efendi saat dikonfimasi hetanews.com, di ruang kerjanya, Senin (25/2/2019), mengaku baru mengetahui hal ini.

Untuk itu, pihaknya akan memanggil Kepala Desa pada hari Kamis mendatang. "Kami akan memanggil Kepala Desa Marubun pada hari Kamis, agar kami tau dulu duduk persoalanya,"ucapnya dan diamini Kasi Pemerintahan Sipispis, Bairun Saragih.
 

Penulis: sarianto. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan