HETANEWS

Dituduh Ada Mesum di SMPN 1 Baktiraja, Kaseknya Lapor Polisi

Postingan pemilik akun Facebook atas nama Berkat Berkat, diprint sebagai bukti pelaporan.

Humbahas, hetanews.com - Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 1 Baktiraja, Martahan Panjaitan, melaporkan salah satu pemilik akun facebook, bernama Berkat Berkat (Asina Manullang) ke Polres Humbang Hasundutan (Humbahas), Rabu (27/2/2019).

Akun tersebut dilaporkan, karena dianggap sudah merusak nama baik sekolah atas tuduhan adanya oknum pegawai yang melakukan tindakan mesum, di kantor sekolah itu.

Martahan Panjaitan yang disambangi wartawan ke kantornya, mengatakan, postingan pemilik akun atas nama Berkat Berkat (Asina Manullang) itu telah membuatnya geram.

Sebab, selain dianggap menghina instansi yang dipimpinnya, sebut Martahan, akun itu juga sudah menyebarkan berita bohong (hoax) yang berpotensi membuat gaduh. Dan hingga kini,  postingan itu menjadi ramai diperbincangkan netizen, di salah satu group media sosial facebook bernama Kabar - Kabari Humbahas.

"Hal itu mendorong saya dan seluruh pegawai di sini, jumlah kami ada 37 orang, sudah sepakat melaporkan pemilik akun tersebut. Kami juga membubuhi tandatangan di sebuah surat pernyataan sebagai tanda kalau kami kompak melapor,"ujar Martahan sambil menunjukan  secarik kertas berisi surat pernyataan dan tanda tangan.

Bukti laporan yang dilayangkan pihak sekolah terhadap Polres Humbahas.

Di postingannya, beber Kasek, pemilik akun atas nama tersebut, telah mengunggah beberapa status dan komentar. Salah satu unggahannya di kolom komentar berisi: "pemirsa, 3halak do mosukku di kantor smp bakkara. 2halak maon namesum di kantor i, pergantianni  jam pagi tu jamsiang nasahalak cinta mate amattai, holan alani si3 halaki Marribu jolma ngadibaeni manusai au... sebenarna dibalos Tuhanido pangalahona nasodibotodo mangalapati akka namasai".

"Kemudian beberapa postingan itu kita print sebagai bahan kita untuk melapor ke pihak yang berwajib. Karena selama menjabat di sini, saya jamin 2000% tak ada kasus seperti itu. Itu hoax,"tambahnya.

Martahan juga menunjukkan selembar kertas sebagai bukti pengaduan mereka ke polisi.

Dalam laporan bernomor: LP/18/11/2019/Humbahas tanggal 27 Februari 2019 itu, tertulis pelapor atas nama Martahan Panjaitan (Kasek) yang bertanggal lahir 3 September 1975, bekerja sebagai PNS, dan beralamat di Desa Sinambela, Kecamatan Baktiraja, Humbahas.

"Kita harap pihak kepolisian segera menindaklanjuti laporan kita supaya ada efek jera. Karena ini menyangkut marwah instansi sekolah kita,"tukas Martahan.

Sementara itu, Kapolres Humbahas, AKBP MS Dayan, melalui Kasubbag Humas, Aiptu S Purba, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya  masih menindaklanjuti laporan tersebut kepada pihak SPKT Polres Humbahas.

"Kebetulan kita tadi sibuk pada acara Milineal Road Safety Festival. Kita akan kabari secepatnya ya pak,"ujar Purba, dari seberang telepon.

Penulis: rachmat. Editor: gun.