HETANEWS

Remaja Pencuri Baterai Dibui 2 Tahun

Terdakwa Rio berjalan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Remaja 18 tahun, Rio Antoni Tampubolon, divonis 2 tahun penjara oleh majelis hakim, pimpinan Novarina Manurung, di PN Simalungun,  Rabu (27/2/2019). Vonis tersebut, sama dengan tuntutan jaksa, Ade Jaya Ismanto.

Warga jalan Sandang Pangan Ujung, Kelurahan Perdagangan III, Kecamatan Bandar ini, dinyatakan terbukti bersalah melanggar 363 (1) ke-4,5 KUH Pidana.  Rio terbukti melakukan  pencurian baterai mobil truk milik Pemerintahan Kecamatan Bandar. 

Pencurian itu dilakukan Rio, bersama 2 temannya, yaitu Ridho Pakpahan dan Mayor Situmorang (disidang terpisah), pada Selasa, 9 Oktober 2018, lalu. Terdakwa masuk ke gudang tempat penyimpanan truk, di jalan Veteran, Kelurahan Perdagangan I, bersama Mayor Situmorang.

Setelah berhasil melepas 2 baterai mobil, lalu menjemput terdakwa Ridho untuk melangsir hasil curiannya. Baterai disimpan di rumah Ridho yang terletak di jalan Cengkeh, Kelurahan Perdagangan.

Tak cukup sampai disitu, ketiganya sepakat kembali lagi dan mengambil 2 baterai lagi, dan disimpan di tempat yang sama. Lalu 2 baterai dijual kepada Syafruddin alias Buyung (didakwa terpisah) seharga Rp.200 ribu yang sudah dibagi - bagi.

Sedangkan 2 baterai lainnya, belum sempat dijual. Akibat perbuatan terdakwa dan dua temannya, pijak Kecamatan Bandar mengalami kerugian jutaan rupiah.

Penulis: ay. Editor: gun.