HETANEWS

Update Pembangunan Gedung Merdeka, Pemko Siantar dan Investor Belum Teken Perjanjian Kontrak

GOR Kota Siantar (dok. istimewa)

Siantar, hetanews.com-PT. Suritama Mahkota Mitra Kencana, ditetapkan sebagai pemenang lelang Bangun Guna Serah (BGS) tanah Gedung Olah Raga (GOR) Kota Siantar.

Penetapan tersebut, melalui tahapan lelang yang diselenggarakan panitia pemilihan mitra pemanfaatan tanah GOR, dengan pola BGS, Senin, 19 Februari 2019, lalu. 

Sekretaris panitia, Dongan Hutapea, menjelaskan, sebelum dilakukan teken kontrak, PT Suritama Mahkota Mitra Kencana harus menyetor kontribusi tahun pertama dan nilai neraca bangunan yang exsisting.

Sebelum penandatangan kontrak antara Wali Kota Siantar dengan investor, yaitu, PT. Suritama Mahkota Mitra Kencana, maka pembangunan GOR belum dapat dilakukan. 

"Kalau belum dibayarkan itu, belum adalah teken kontrak," ucap Dongan Hutapea, Rabu (27/2/2019).

Sekretaris panitia yang juga menjabat Kasubid Optimalisasi Aset BPKAD Kota Siantar ini, menambahkan, apabila proses penandatangan kontrak mengulur waktu akibat penyetoran tidak jadi dilakukan oleh investor, maka jaminan akan disita.

"Kalau mereka perlama prosesnya, maka kami sita jaminannya. Jaminannya kan ada, Rp.100 Juta. Dia (investor) kan buat jaminan penawaran senilai Rp.100 Juta," katanya seraya belum mengetahui batas waktu penandatangan kontrak tersebut.

Adapun pembangunan GOR tersebut, merupakan grand design Pemko Siantar. Melalui BGS GOR Kota Siantar akan dirubah menjadi Gedung Merdeka dengan 6 lantai.

Baca juga: GOR Kota Siantar akan Berubah Menjadi Gedung Modern

Masa pengelolaan maksimum 30 tahun, dan mitra strategis wajib membayar kontribusi kepada Pemko Setiap tahun pada tanggal perjanjian yang sama .

"Gedung yang akan dibangun namanya gedung Merdeka itu sudah ada dokumen kita. GOR yang lebih besar dari sekarang," ucapnya. 

GOR akan dibangun dengan basement, bisnis area, mezanine dan sport center, yang dengan nilai perkiraan investasi (NPI) minimal dari bangunan tersebut  Rp. 228.574.182.000,- dengan  nilai kontribusi minimal Rp. 20.770.157.000.

Penulis: gee. Editor: gun.