HETANEWS

Pertukaran Pelajar, Mahasiswa UMM Meninggal di Spanyol

Jakarta, hetanews.com - Nuriyanti Dina Kamiliya (22) Mahasiswi Universitas MuhammadiyahMalang (UMM) meninggal dunia di Spanyol, saat mengikuti pertukaran pelajar yang dikirimkan oleh kampusnya. Jenazah almarhumah telah dimakamkan di halamannya, Kampung Pajeman, Desa Keleyan, Kecamatan Socah, Bangkalan, Senin (25/2).

Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), M Fauzan saat dihubungi mengatakan, Dina memiliki riwayat sakit gangguan pernapasan. Kemungkinan karena cuaca ekstrem di Spanyol membuat penyakitnya kambuh.

"Ketika dites, ada surat dokter. Anak ini memang punya penyakit bronkitis. Pas di sana kondisi cuacanya sangat ekstrem. Sebelumnya (Dina) sangat semangat, merasa sehat. Ya selanjutnya terjadi itu, meninggal dunia di rumah sakit," kata Fauzan, Rabu (27/2).

Mahasiswi semester VIII jurusan Pendidikan Bahasa Inggris itu sempat mendapatkan perawatan di sebuah rumah sakit di Murcia, Spanyol. Dokter sudah melakukan upaya dan perawatan sekitar seminggu sebelum kemudian koma dan dinyatakan meninggal dunia.

"Proses pemulangan jenazah dicover oleh KBRI, kedutaan yang mengurus semuanya. Tetapi kita komunikasi langsung. Proses sudah selesai, sudah dimakamkan kemarin lusa," jelasnya.

Kata Fauzan, program yang diikuti Dina merupakan kerjasama UMM dengan Erasmus, sebuah konsorsium Perguruan Tinggi di Eropa. Setiap tahun kampusnya memberangkatkan dosen dan mahasiswa. Dina seharusnya menjalankan programnya selama enam bulan, tetapi berjalan baru sekitar dua bulan.

UMM telah berkomunikasi dengan keluarga almarhum di Madura dan memahami kejadian tersebut. "Keluarga juga menyadari, karena kelurga punya catatan kalau sudah punya riwayat penyakitnya. Jadi penyakitnya yang tidak ramah dengan suhu," pungkasnya.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.