HETANEWS

Debat Capres Kelima Digelar 13 April

Capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) dan Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) saling memberi salam seusai debat capres 2019 disaksikan moderator di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Februari 2019.

Jakarta, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tanggal debat kelima Pilpres 2019. Disepakati debat terakhir capres-cawapres digelar pada 13 April.

"Debat kelima akan diselenggarakan pada 13 April 2019," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (26/2/2019).

Tanggal debat capres-cawapres ini ditentukan berdasarkan hasil undian. Penentuan ini berdasarkan kesepakatan Bawaslu dan masing-masing pihak timses capres.

"Kita akan undi, (tapi) KPU agak gelisah menentukan tanggal, maka kami minta pendapat kepada TKN 01, BPN 02, serta Bawaslu, yang paling tepat kita undi malam ini," ujar Arief.

Undian ini dilakukan dengan cara pengambilan bola dalam fish bowl. Bola ini terlebih dulu diaduk oleh perwakilan anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin, dilanjutkan dengan perwakilan masing-masing timses, yakni Direktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima, dan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Priyo Budi Santoso. Setelah diaduk, bola diambil oleh Ketua KPU.

Arief juga mengatakan nantinya KPU akan kembali menggelar rapat persiapan debat untuk menentukan moderator dan panelis pada debat keempat dan kelima. Rapat akan digelar pada 2 Maret.

"Panelis nama-namanya juga sudah mulai mengerucut. Kita akan tetapkan Selasa minggu depan, kemudian tadi juga sudah disepakati Selasa depan akan memilih moderator untuk debat keempat," tuturnya.       

Sumber: detik.com

Editor: gun.