HETANEWS

Pemko Siantar Lamban Mengurus Jalan Rusak, Satu Orang Meninggal Dunia

Jalan Manunggal Karya yang amblas dari Januari 2019 yang lalu. Jalan tersebut memakan satu orang korban hingga tewas, Selasa, 26 Februari 2019, dini hari. (foto/gee)

Siantar, hetanews.com - Pemko Siantar terkesan lamban menangani kerusakan Jalan Manunggal Karya, Kecamatan Simarimbun, sehingga mengakibatkan satu orang pengendara sepeda motor, meninggal dunia, pada Selasa (26/2/2019) dini hari.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Siantar, Irwansyah Saragih, mengakui, telah melayangkan permohonan perbaikan jalan tersebut, kepada Wali Kota Siantar, pada Januari 2019, lalu.

Ia mengatakan, prosedur permohonon perbaikan jalan rusak itu melalui  dana Tidak Terduga (TT) yang dikeluarkan lewat proses SK (Surat Keputusan) Wali Kota. 

Surat tersebut, kita dia, sudah sampai ke Wali Kota, Hefriansyah dan diperkirakan perbaikan jalan tersebut mulai diperbaiki, pada Maret 2019 yang akan datang.

"Itu harus proses SK dari Wali Kota. Jadi sekarang SK itu sudah di Wali Kota, setelah itu nanti di Dispenda, baru dirapatkanlah. Kemudian pengerjaan itu dilakukan," kata Saragih, ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/2/2019) sore.

Selain Jalan Manunggal Karya, di Kelurahan Tong Marimbun, Kecamatan Siantar Marimbun, BPBD Kota Siantar, kata dia, turut melaporkan jalan rusak di beberapa tempat lainya, seperti Jalan Suri-suri, di Kecamatan Siantar Utara yang kondisinya amblas.

Petugas Polisi mengamati luka dibagian kepala jasad Sugiono (55), dirumah duka, Huta Parbalokan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Selasa 26 Februari 2019 (Foto: Polres Siantar) 

Mengenai kerusakan jalan Manunggal Karya yang akhirnya memakan korban, Irwansyah, mengatakan, pihaknya sudah turun ke lokasi untuk membuat tanda garis tanda bencana dari BPBD.

Baca juga: Miris!, Jalan Manunggal Amblas Tak Diperbaiki Hingga Makan Korban

" Iya, jami akan bikin lagi (garis BPBD) disitu sementara, menunggu pekerjaan ini dilakukan. Itu ajalah antisipasi kita, supaya jangan lewat dari situ lagi," kata Irwansyah, mengaku telah mendengar kejadian tewasnya pengendara di lokasi tersebut.

Informasi resmi yang diterima dari Polres Siantar, salah seorang pengendara sepeda motor, Sugiono (55), melaju dari arah jalan Melanthon Siregar, melewati Jalan Manunggal Karya menuju arah Jalan parapat, Kecamatan Siantar Marimbun, Selasa dini hari, sekitar pukul 04.45 WIB.

Polisi menduga terjadinya kecelakaan, akibat adanya lubang besar, di tengah badan jalan, yang bermula akibat longsor, sehingga pengendara  sepeda motor tidak memperhatikan lubang dan akhirnya terjatuh ke dalam lubang kedalaman 3 meter dan  lebar 5 meter.

Akibat kejadian naas itu, Sugiono yang diketahui sebagai warga Huta Parbalokan, Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, meninggal dunia di RS Tiara Siantar.

Penulis: gee. Editor: gun.