HETANEWS

Kasus Dugaan Korupsi PPLP Sumut Masuk Tahap Penyidikan

Kadispora Sumut, Baharudin Siagian. (Int)

Medan, hetanews.com - Kasus dugaan korupsi pengerjaan renovasi lintasan sircuit Tartan Atletik PPLP Provinsi Sumatera Utara sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan.

Dalam waktu dekat, penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut, segera menetapkan tersangka.

"Kasus itu (dugaan korupsi Disporasu) sudah naik ke tahap penyidikan. Kita akan melakukan gelar perkara untuk menetapkan tersangka," ujar Direktur Reskrimsus Polda Sumut, Kombes Pol Rony Samtana, kepada wartawan, Selasa (26/2/2019).

Ditanya soal kemungkinan Kadispora Sumut, Baharudin Siagian, kembali dipanggil untuk diperiksa, Rony tidak menampik. Demikian juga soal peningkatan status saksi, bisa menjadi tersangka, Rony tidak membantah. Sudah puluhan saksi diperiksa, katanya.

"Semua bisa saja, tergantung hasil penyidikan. Sudah sekitar 30-an saksi kita periksa dari Medan maupun Jakarta. Pokoknya, siapa saja yang berkaitan dengan kasus itu kita periksa," tegasnya.

Baca juga: Poldasu akan Segera Tentukan Status Kadispora Provsu

Menjawab wartawan, Rony mengatakan, kerugian negara dari praktik dugaan korupsi pengerjaan renovasi lintasan sircuit Tartan Atletik PPLP Provinsi Sumatera Utara Jalan Sunggal, dengan pagu anggaran Rp 4.797.700.000 pada Dinas Pemuda dan Olahraga senilai Rp 2 miliar.

Penyidik Subdit III/Tipikor Direktorat (Dit) Reskrimsus Polda Sumut, sudah memeriksa Kadispora Provsu, Baharudin Siagian, sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), pada Rabu (13/2), lalu.

Pihak rekanan proyek, yakni PT Rian Makmur Jaya (RMJ) telah dipanggil, namun belum diketahui kehadirannya. Untuk kelanjutan proses hukum kasus itu, penyidik akan melakukan gelar perkara.

Penulis: adr. Editor: gun.