HETANEWS

Catut Nama Faizal Rayhan, Keluarga Bupati Batubara 'Diterpa' Isu Atur Proyek

Adik kandung Bupati Batubara, Faizal Rayhan. (Foto/Ist)

Batubara, hetanews.com – Adik kandung Bupati Batubara, Zahir, yakni Faisal Rayhan, membantah adanya isu pengaturan proyek APBD Batubara Tahun Anggaran 2019 yang ditengarai akan dibagikan kepada rekanan tertentu, pada bulan April 2019, yang melibatkan namanya dalam pengaturan proyek APBD Batubara.

“Tak tau tau saya soal itu, bisa rupanya, dipesan-pesan kayak gitu,"tanya Faisal saat dikonfirmasi lewat sambungan telepon, pada Senin (4/2/2019), beberapa waktu lalu, sekira pukul 18.00 WIB.

Caleg Dapil V DPRD Provinsi Sumut dari partai Gerindra itu, menegaskan, untuk kegiatan proyek di satuan kerja Organisasi Perangkat Daerah (Satker OPD) belum pernah ikut campur atau mengintervensi. Apalagi sampai menentukan pelaksana tender, bahkan mengatur untuk mendapatkan proyek-proyek APBD adalah tidak benar, ungkapnya.

Faizal mengaku tidak pernah ikut campur dalam memonopoli proyek tersebut, apalagi hingga saat ini belum ada proyek yang bekerja. Ia juga mengaku tidak tahu menahu soal tudingan yang dialamatkan kepadanya.

"Satupun paket belum bisa ditender sampai hari ini emangnya bisa begitu? Saya tak tau - tau soal itu," tegas Faizal.

Sebelumnya, informasi bocornya pengaturan proyek yang diindikasikan melibatkan keluarga Bupati Batubara tersebut, mencuat setelah sejumlah oknum di beberapa OPD Batubara, mengatakan, untuk mendapatkan proyek APBD Batubara Tahun 2019, terlebih dahulu harus mendapatkan 'disposisi' (persetujuan, red) dari adik kandung orang nomor satu di daerah itu.

Bahkan, informasi yang diduga beredar  tersebut, sempat mencuat di sejumlah OPD untuk mendapatkan kegiatan atau seluruh proyek di Pemkab Batubara, baik itu proyek yang berkaitan dengan tender, mapun  kegiatan APBD yang memiliki anggaran di bawah Rp 200 juta, harus didahului melalui persetujuan dari adik kandung Bupati Batubara, Faizal Rayhan.

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Batubara, Sakti Alam Siregar. (Foto/Ist)

Sekretaris Daerah (Sekdakab) Kabupaten Batubara membenarkan

Terpisah, saat dikonfirmasi kepada Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Batubara, Sakti Alam Siregar, pada Sabtu (23/2/2019), mengatakan, tak punya kuasa untuk memberikan pekerjaan langsung maupun tender, baik itu di Sekretariat Dareah maupun di OPD yang lain. Ia menyarankan kepada rekanan untuk meminta restu dari adik kandung Bupati Batubara, Faizal Rayhan dan keponakan Bupati, berinisial HY.

"Kalo saya tak punya kuasa, termasuk di sekretariat, bahkan Asisten III saja tidak berwenang memberikan pekerjaan, sekalipun dia adalah penguna anggaran di sekretariat. Coba hubungi Faizal atau bisa juga melalui "HY". Kalo saya pribadi tidak ada keberatan soal siapa yang mengerjakanya asal sesuai prosedur, soal yang saya sarankan tadi jangan bilang sama siapa - siapa ya,"tutup Sakti pada hetanews.com.

Penulis: tim. Editor: gun.