Tapanuli, hetanews.com – Kepedulian terhadap pariwisata di Sumatera Utara khususnya Danau Toba terus disuarakan. Teranyar, Generasi Muara menggelar Lumban Panggung Arts Festival Muara di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sabtu (16/2/2019).

Ketua panitia, Ishak Aritonang menjelaskan, pada kegiatan tersebut pihaknya menggandeng berbagai komunitas seni yang ada di sekitaran Kecamatan Muara. Dalam kegiatan tersebut diharapkan terjalin keharmonisan antar sesama pelaku seni (seniman) yang ada di Tapanuli Utara khususnya Muara sekaligus hiburan bagi masyarakat setempat.

"Juga saling bersinergi antar generasi muda di setiap daerah untuk bahu membahu mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional," jelas Ishak Aritonang pada awak media.

Sanggar Seni Silaban adalah salah satu kelompok yang turut meramaikan Lumban Panggung Arts Festival Muara ini. Dalam sambutannya, Pembina Sanggar Seni Silaban, Martahan Sitohang mengapresiasi kegiatan yang digelar Generasi Muara. Dirinya pun berharap kepada Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Kadis Pariwisata Taput dapat mendukung seluruh pegiat seni di kabupaten tersebut.

Martahan Sitohang yang merupakan alumnus Departemen Etnomusikologi Universitas Sumatera Utara (USU) ini pun menyampaikan keinginannya membina generasi sekitar Danau Toba dalam bermain musik.

"Termasuk membuat pelatihan industri pembuatan alat musik Batak Toba," ucapnya yang disambut aplaus hadirin.

Di akhir penampilannya, Martahan Sitohang menyerahkan cenderamata kepada panitia berupa alat musik tradisional Batak Toba yaitu Garantung yang meruoakan karya Sanggar Seni Silaban.