HETANEWS.COM

Polres Asahan Inisiasi Deklarasi Damai dan Taat Aturan Pemilu 2019

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang dalam hal ini diinisiasi Polres Asahan, mengadakan penandatangan deklarasi damai dan taat aturan untuk para calon anggota DPRD Asahan, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April mendatang. (foto/ren)

Asahan, hetanews.com - Dalam rangka menciptakan suasana Pemilu 2019 yang aman dan kondusif serta berintegritas, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang dalam hal ini diinisiasi Polres Asahan, mengadakan penandatangan deklarasi damai dan taat aturan untuk para calon anggota DPRD Asahan, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April mendatang.

Selain menghadirkan 16 pimpinan partai politik di Kabupaten Asahan, deklarasi  juga diikuti 578 calon anggota DPRD Asahan, di Lapangan Adhi Pradana  Parasamya Kisaran, pada Kamis (21/2/2019), pukul 10.00 WIB.

Bupati Asahan melalui Wakil Bupati, Surya, menyampaikan, Pemkab Asahan sangat mendukung kegiatan deklarasi Pemilu damai dan taat aturan ini.

"Pemkab Asahan beserta unsur Forkompinda lainnya sepakat untuk menciptakan iklim demokrasi yang aman dan kondusif. Serta mudah-mudahan Pemilu 2019 kali ini berjalan dengan sukses tanpa ada hambatan yang berarti,"ucapnya.

Lebih lanjut, Kapolres Asahan, AKBP Faisal F. Napitupulu, mengatakan, bahwa deklarasi tersebut dianggap penting, karena dapat mengukur seberapa komitmennya para calon-calon anggota DPRD Asahan, dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang jujur dan bersih serta bebas dari 'money politik' maupun 'black campaign'.

"Pada kesempatan kali ini, saya mengajak seluruh pihak, khususnya para Caleg DPRD Asahan yang berkompetisi untuk menciptakan suasana Pileg 2019 yang jujur dan bersih dari segala praktek-praktek negatif, baik itu 'money politik', 'black campaign' dan terkhusus kepada segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama memerangi politisasi sara dan berita bohong (hoax),"seru Faisal mengingatkan.

Sementara itu, Ketua KPU Asahan, Hidayat, menyampaikan, bahwa dari 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Asahan menjadi daerah pertama yang mendeklarasikan Pileg 2019 yang damai dan taat aturan, khususnya bagi para Caleg DPRD Asahan.

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), yang dalam hal ini diinisiasi Polres Asahan, mengadakan penandatangan deklarasi damai dan taat aturan untuk para calon anggota DPRD Asahan, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 17 April mendatang. (foto/ren)

"Saya selaku Ketua KPU Asahan sangat mengapresiasi kinerja dari aparat Polres Asahan, khususnya kepada Kapolres Asahan, yang dalam hal ini telah menjadi inisiator deklarasi damai dan taat aturan Pemilu 2019 ini," ungkap Hidayat.

Disaat yang sama, Ketua Bawaslu Asahan, Khomaidi Hambali Siambaton, menghimbau kepada seluruh peserta Pemilu 2019 untuk tidak melakukan tindakan melawan hukum maupun perbuatan melanggar ketentuan lainnya.

"Saya berharap dan menghimbau kepada para peserta Pemilu 2019 sekalian untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mencederai proses maupun tahapan Pileg dan Pilpres 2019 kali ini. Dan kita (Bawaslu Asahan, red) siap melakukan tindakan tegas terhadap oknum yang melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan maupun kesepakatan kita pada deklarasi bersama ini," tegas Khomaidi.

Selanjutnya kegiatan itu juga dirangkai dengan pembacaan naskah deklarasi yang diwakili oleh Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin Kabupaten Asahan, Rosmansyah  yang dilafalkan seluruh peserta Pemilu 2019 yang hadir.

Terakhir, kegiatan tersebut diisi dengan penandatanganan fakta integritas dari unsur Forkompinda, penyelenggara dan pengawas teknis Pemilu 2019 serta para pimpinan parpol dan seluruh caleg yang hadir.

Turut hadir, mewakili Dandim 0208/As, Kasdim 0208/As, Mayor Inf. M.N. Simanjuntak, mewakili Kajari Asahan, Kasi Barang Bukti dan Rampasan, Jan Maswan Sinurat. Dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Kantor Kementerian Agama  Asahan, Drs. Hayatsyah, Kadis Kominfo Asahan, Rahmad Hidayat Siregar, dan hadir juga dari organisasi non pemerintah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asahan, Salman Abdullah Tanjung, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Asahan, Humaidi Syamsuri Pane beserta para undangan lainnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!