HETANEWS

KPU Tebingtinggi Rekrut 3.591 Petugas KPPS

Komisioner KPU Tebingtinggi, H. Emil Sofyan. (foto/rps)

Tebingtinggi, hetanews com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tebingtinggi akan merekrut sebanyak 3.591 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk ditugaskan di 513 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 35 kelurahan pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.          

"Perekrutan KPPS akan dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Tebingtinggi dan dimulai pada tanggal 28 Februari 2019," terang Komisioner KPU Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, H. Emil Sofyan di kantor Sekretariat KPU Tebingtinggi,  Jalan Rumah Sakit Umum, Kota Tebingtinggi, Kamis (21/2/2019).          

"Bagi masyarakat yang berminat (menjadi petugas KPPS), silahkan hubungi PPS di daerah domisili masing-masing. Dalam perekrutan tersebut, KPU juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kota, agar dapat menstimulus para ASN untuk ikut dalam proses perekrutan KPPS tersebut," tambahnya.          

Menurut Emil, Walikota Tebingtinggi, H. Umar Zunaidi Hasibuan menyambut positif permintaan KPU tersebut. “Beliau (walikota) mengatakan akan mengintruksikan kepada jajaran ASN agar ikut serta terlibat membantu kerja KPU dengan mendaftar sebagai KPPS yang merupakan penyelenggara pemilu di TPS-TPS," terang Emil Sofyan.       

Disampaikan juga, untuk merekrut ribuan petugas KPPS di Kota Tebingtinggi bukanlah ringan. Beruntung mereka dibantu institusi lainnya seperti Parpol dan Bawaslu yang juga melakukan perekrutan.          

"Pendaftaran perekrutan ini dimulai tanggal 28 Februari hingga 5 Maret 2019. Setelah menjalani rangkaian seleksi berkas dan seleksi tertulis, pengumuman hasilnya akan dilakukan pada tanggal 27 Maret, masa kerjanya 30 hari dan setiap TPS terdiri dari 7 orang KPPS dan kepada mereka (petugas KPPS) tentunya akan diberikan honor," ujar Emil.          

Adapun persyaratan rekrutmen petugas KPPS berdasarkan PKPU Nomor 36 tahun 2018 adalah, warga negara Indonesia berusia paling rendah 17 tahun, tidak menjadi tim kampanye peserta pemilu, berdomisili di wilayah kerja KPPS, berpendidikan minimal SLTA/Sederajat dan belum pernah menjabat 2 (dua) periode dalam jabatan yang sama sebaga anggota KPPS, serta setia pada Pancasila dan UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Penulis: rps. Editor: ivan.