HETANEWS

Komplotan Perampok Dibui 4 Tahun di PN Simalungun

Terdakwa Ijon dan Timbul Marbun menyusul 2 terdakwa lainnya di PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Ijon Martua Purba, Boy Simbolon, Balduin Simanjuntak dan Timbul Marbun, masing - masing dipidana 4 tahun penjara oleh majelis hakim, pimpinan Novarina Manurung, di PN Simalungun, Rabu (20/2/2019).

Keempat terdakwa, disidangkan dalam berkas terpisah. Boy Simbolon dan Balduin Simanjuntak, sudah divonis lebih dulu. Sedangkan Ijon Martua dan Timbul Marbun, selain divonis 4 tahun juga divonis dalam perkara lainnya, selama 2 tahun dalam kasus pencurian, di PT.Pos di Panei.

Vonis yang dijatuhkan hakim terhadap Ijon dan Timbul tersebut, sama dengan tuntutan jaksa, Fransiska Sitorus.

Kedua terdakwa bersama Balduin, Boy Simbolon dan 2 DPO (Marga Purba dan Manurung), terbukti melakukan  pencurian dan penganiayaan terhadap  saksi korban,  Lohot Diomedus Sitanggang, di rumah korban, di  Batu V, Kecamatan Panombean Pane, pada Agustus 2018, lalu.

Komplotan perampok ini telah merencanakan aksi jahatnya dan mengetahui korban yang sudah tua yang bekerja sebagai kasir penerima pembayaran rekening air, listrik dan lainnya. Dengan merental mobil, membawa linggis menguras isi rumah korban dan membuang CCTV.

Sejumlah uang, perhiasan dan barang berharga lainnya berhasil dibawa kabur. Akibat perbuatan para terdakwa ini, korban mengalami kerugian hingga Rp.80 juta dan pemilik rumah mengalami luka robek, pada bagian kepala, lengan dan lainnya.

Para terdakwa membagi hasil kejahatannya, yang rata - rata mendapat bagian Rp.3 - 5 juta. Hakim mempersalahkan para terdakwa dengan pasal 365 Ayat (2) ke-1, ke-2, ke-3 dan ke-4 KUHPidana.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.