HETANEWS

Kawannya Lari, Nelson Panggabean Diancam 7 Tahun Penjara

Jaksa Indri, bersama petugas saat menggiring terdakwa usai pembacaan tuntutan 7 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Nelson Panggabean (31), yang ditangkap anggota Satnarkoba Polres Simalungun, Andi Nainggolan dkk dengan cara ditarik dari boncengan sepeda motor (Septor), dituntut 7 tahun denda  Rp 800 juta subsider 3 bulan penjara oleh jaksa, Indri Wirdya, di PN Simalungun, Rabu (20/2/2019).

Terdakwa dipersalahkan jaksa, melanggar pasal 112 (1) UU RI No.45/2009 tentang  tanpa hak atau melawan hukum memiliki narkotika.

Warga II Huta Bagasan, Kecamatan Siantar Marihat, Kota Siantar  ini, diamankan bersama sepaket sabu dari genggaman tangan kirinya.           

Terdakwa ditarik dari boncengan saat melintas di Jalan Asahan, Gang Farel Pasaribu, Kecamatan Siantar, samping perumahan BAS, pada Senin, 10 September 2018, lalu. Sedangkan teman terdakwa, berhasil melarikan diri.           

Terungkap dalam persidangan,  terdakwa mengakui sabu tersebut baru dibeli dari seseorang, di jalan Seram, Kelurahan Bantan, seharga Rp.100 ribu. Uang Rp.100 ribu adalah milik teman terdakwa yang melarikan diri.            

Didampingi pengacara, Kencana Tarigan, terdakwa memohon kepada majelis hakim, pimpinan A Hadi Nasution, agar  hukumannya diringankan. "Saya menyesal yang mulia, tolong agar hukuman saya diringankan,"kata terdakwa yang mengaku belum pernah dihukum.

Untuk pembacaan putusan, persidangan ditunda hingga sepekan. "Persidangan kita tunda untuk putusan,tok..tok,"kata hakim sambil mengetuk palu.

Penulis: ay. Editor: gun.