HETANEWS

GOR Kota Siantar akan Berubah Menjadi Gedung Modern

GOR Kota Siantar (dok.istimewa)

Siantar, hetanews.com - Proses pelelangan Gedung Olah Raga (GOR) Kota Siantar, melalui pola Bangun Guna Serah (BGS) telah berakhir. PT Suritama Mitra Kencana, terpilih sebagai pemenang.

Seperti yang dikutip di laman website Pemko Siantar, PT Suritama Mitra Kencana yang beralamat di Jalan Iskandar Muda, Kota Medan, memiliki nilai investasi Rp. 234.800.942.000 Milyar. Kemudian nilai total kontribusi Rp. 20.770.157.058 Milyar. 

Kasubbag Humas Pemko Siantar, Hamam Sholeh, mengatakan, pengerjaan GOR tersebut, paling lama selesai dua tahun. 

"Setelah MoU (Memorandum of Understanding) selesai, itu akan segera dikerjakan. dua tahun maksimal waktunya," kata Hamam, Rabu (20/2/2019).

Setelah pengumuman pemenangan ini, katanya, selanjutnya mitra BGS ini akan melengkapi sejumlah kewajiban. Seperti pengurusan garansi Bank, IMB dan Amdal. Setelah itu dilakukan MoU antara Pemko Siantar dan mitra PT Suritama Mitra Kencana, ujarnya. 

Hamam Sholeh menegaskan, jika ada pejabat di teras Pemko yang meminta sejumlah uang dari PT. Suritama Mitra Kencana, dengan dalih urusan pembangunan, agar jangan diberikan.

"Itu sudah diperintahkan Wali Kota, tidak ada sepeser pun uang yang keluar untuk biaya non teknis untuk pejabat pemerintahan," tutupnya.

Baca juga: Pemko Siantar Serahkan Pengelolaan GOR Ke Pihak Swasta

Pemko Siantar, mengakui, pembangunan GOR melalui pola BGS, karena tidak terlepas dari ketidakmampuan keuangan daerah.

Rencanya, GOR akan dibangun dan dikelola menjadi gedung olah raga modern. Dengan klasifikasi Tipe A Min 3000 tempat duduk.

Fasilitas utama meliputi parkir, bisnis area, ruang serba guna dan sport centre. Luas Site 8.471m2
dengan jumlah Lantai 5 lantai. 1 Lantai atap atau basement parkir, Lantai 1 Mezanine, lantai 2 bisnes area, lantai 3 ruang serbaguna dan lantai 4 sport center.

GOR semula bagian dari fasilitas umum yang berfungsi sebagai wadah masyarakat untuk melakukan kegiatan olahraga yang beroperasi sejak tahun 1976. Dari tahun itu, bisa dikatakan GOR merupakan salah satu gedung tua yang menjadi aset Pemko.

 

Penulis: gee. Editor: gun.