HETANEWS

Inggris Cabut Kewarganegaraan Remaja yang Gabung ISIS

Inggris dilaporkan mencabut kewarganegaraan Shamima Begum, remaja yang kabur dari London untuk bergabung dengan ISIS di Suriah sekitar lima tahun lalu. (foto/Laura Lean)

Inggris, hetanews.com - Inggris dilaporkan mencabut kewarganegaraan Shamima Begum, remaja yang kabur dari London untuk bergabung dengan ISIS di Suriah sekitar lima tahun lalu.

Keluarga Begum mendapatkan konfirmasi mengenai pencabutan kewarganegaraan ini melalui sebuah surat yang diterima pada Selasa (19/2).

Dialamatkan kepada ibu Begum, surat itu berisi kutipan, "Berikut sejumlah dokumen yang berkaitan dengan keputusan Menteri Dalam Negeri untuk mencabut kewarganegaraan Inggris putri Anda, Shamima Begum."

Surat yang dipublikasikan oleh ITV News itu berlanjut, "Terkait segala urusan putri Anda, notifikasi keputusan Menteri Dalam Negeri sudah diajukan hari ini, dan perintah pencabutan kewarganegaraan Inggris ini sudah berlaku."

Sky News melaporkan bahwa situasi ini sangat dimungkinkan karena Begum memiliki dua kewarganegaraan, yaitu Inggris dan Bangladesh.

Tak lama setelah kabar itu tersiar, Menteri Dalam Negeri Inggris, Sajid Javid, mengatakan bahwa ia "tak akan ragu" mencegah kepulangan warga Inggris yang pernah mendukung organisasi teroris di luar negeri.

Kuasa hukum keluarga Begum, Mohammed T Akunjee, pun menyatakan kekecewaan sikap Javid tersebut. "Kami mempertimbangkan semua cara legal untuk menentang keputusan ini," kata Akunjee melalui Twitter.

Sebelumnya, Akunjee mengumumkan bahwa Begum sudah melahirkan seorang bayi laki-laki di Suriah pada pekan lalu. Namun, ia menyayangkan harapan Begum untuk kembali ke kampung halamannya belum terkabul hingga saat ini. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.