Medan, hetanews.com - Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di kawasan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Sumatera Utara (USU) terekam kamera CCTV. Kasus ini pun telah dilaporkan ke Polsek Medan Baru.

Informasi dihimpun, peristiwa ini berawal korban diketahui bernama Erwin Simbolon, mahasiswa Departemen Etnomusikologi memarkir sepeda motor Honda Supra X di kampusnya komplek FIB USU, Senin (18/2/2019) sekitar pukul 14:30 WIB. Ketika itu korban tengah mengurus perkuliahan. 

Sekitar pukul 15:30 WIB, korban bermaksud pulang. Namun ia terkejut karena tak lagi melihat sepeda motor di tempatnya parkir.
Didampingi teman-temannya, korban melaporkan peristiwa itu ke pos pengamanan (satpam) USU sekaligus meminta rekaman CCTV yang terpasang di pojok tempat kejadian perkara.

Awalnya salah seorang petugas keamanan menyebut jika CCTV yang terpasang tidak berfungsi karena disambar petir. Tak puas, teman-teman korban mempertanyakan tugas dari pihak keamanan yang ada di USU. "Kalau memang itu rusak, kenapa tidak diperbaiki?" tanya mereka. 

Ketika situasi mulai memanas, seorang satpam lainnya mengarahkan korban ke Wakil Rektor (WR) USU. "Coba ke WR V ambil data rekamannya dek," ujarnya. 

Korban dan teman-teman mahasiswa kemudian mendatangi ruang WR 5 di Biro Rektor USU. Seorang petugas pun mengambil rekaman CCTV di sekitar TKP.

Dalam rekaman terlihat pelaku berjumlah dua orang datang ke TKP dengan mengendarai sepeda motor jenis matic (nomor polisi belum diketahui) dan parkir di sebelah kanan sepeda motor korban. Kemudian pelaku yang duduk di boncengan dan tak mengenakan helm turun dan pindah ke kereta korban.

Hanya dalam hitungan 10 detik, pelaku berhasil menguasai sepeda motor korban. Melihat rekannya berhasil, pelaku lain yang mengendarai sepeda motor matic dengan mengenakan helm full face langsung bali kanan. Kedua pelaku pun meninggalkan lokasi dengan ekspresi tak berdosa.

Dari rekaman tersebut terlihat pelaku pencurian mengenakan jeans, kemeja biru dan tas sandang, memiliki wajah bersegi, rambut cepak, dengan kulit sawo matang. Menerima laporan curanmor, sekitar pukul 19:30 WIB, sejumlah petugas kepolisian datang dan melakukan olah TKP.