HETANEWS

Peran Pemilih Pemula Penting Dalam Kancah Perpolitikan 

Pelajar peserta Sosialisasi Peran Serta Masyarakat dalam Pemilu, di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Senin (18/2/2019). (foto/biro humas)

Medan, hetanews.com - Demokrasi merupakan mekanisme sistem pemerintahan suatu negara, sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan suatu pemerintahan. Dan Pemilu merupakan salah satu alat demokrasi.

Demikian disampaikan Walikota Medan, Drs. HT. Dzulmi Eldin S, M.Si.,MH., melalui Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bankesbangpol) Kota Medan, Sulaiman Harahap, SH.,MSP, saat membuka Sosialisasi Peran Serta Masyarakat dalam Pemilu, di Hotel Madani, Jalan SM Raja, Senin (18/2/2019).

Dikatakan Sulaiman, sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya kepada para pelajar yang merupakan pemilih pemula.

"Para pelajar merupakan pemilih pemula harus diberikan pemahaman terhadap betapa pentingnya peranan masyarakat dalam kancah perpolitikan Indonesia. Sekurang-kurangnya ikut menggunakan hak suaranya ketika Pemilu," ujar Sulaiman.

Menurutnya, sosialisasi ini merupakan bagian tanggungjawab Pemko Medan dalam menyukseskan Pemilu 17 April mendatang. Ia mengharapkan dari pemilih pemula ini lah dibudayakan peduli akan nasib bangsa dan negara ke depan.

"Dari keikutsertaan pemilih pemula ini kita mulai merangsang generasi muda untuk mau peduli akan berjalannya penyelenggaraan negara," ucapnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan politik bagi generasi muda di daerah ini,  sehingga nantinya tercipta Pemilu yang jujur, adil, berdaulat dan berintegritas.

"Diharapkan dengan sosialisasi ini, Pemilu nanti dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Kami ingin seluruh elemen masyarakat bersama-sama, termasuk pemilih pemula menyukseskan Pemilu 2019 mendatang. Sehingga partisipasi masyarakat akan meningkat," jelas Sulaiman.

Penulis: david. Editor: gun.