HETANEWS

Wanita Muda Pemakan Sabun Diduga Idap PICA

Probolinggo, hetanews.com - Kebiasan Barokatul Hosi’ah, wanita pemakan sabun di Probolinggo, secara medis sangat membahayakan. Wanita ini diduga mengidap PICA (Problem Identification Corrective Action) atau penyakit pola makan aneh.

Hal itu diungkap dr. Eka Sri Rejeki Iriantin. Ia menyebut penyebabnya adalah kurangnya zat besi serta tekanan psikologis penderitanya. PICA sebutnya dapat menyerang ibu hamil, anak-anak maupun orang dewasa pada umumnya. Sehingga kebiasaan Khosik itu, dapat dikategorikan sebagai penyakit PICA (eatting disorder) atau penyakit pola makan aneh.

“Bahkan dalam beberapa kasus, penderita pica ditemukan memakan berbagai makanan yang tidak lazim. Seperti tanah, puntung rokok, daun, binatang, bahkan kotoran manusia dan hewan,” terangnya, Minggu (17/2/2019).

Dokter Eka menjelaskan bahwa dalam sebuah penelitian, PICA dapat dipicu oleh kurangnya zat besi. Sehingga menyebabkan seseorang ketagihan terhadap tekstur benda dan aroma tertentu. Apalagi dalam riwayatnya, kasus pada Khosik sudah berlangsung sejak ia hamil hingga anaknya berumur 13 bulan.

“Selain akibat masalah fisik, PICA juga dapat dipicu karena masalah psikologis akibat tingkat stres tinggi atau gangguan mental. Oleh sebab itu, pihak keluarga menjadi kunci utama untuk melakukan upaya penyembuhan dari sisi psikis tersebut,” kata Wakil Ketua Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Kota Probolinggo ini.

Solusinya, menurut dokter Eka adalah melakukan pemeriksaan darah secara lengkap. Untuk mengetahui pasti kelainan pola makan tersebut.

“Kami menyarankan, pasien penderita PICA tersebut, segera melakukan pemeriksaan darah secara lengkap. Untuk mengetahui kandungan zat tertentu yang dibutuhkan tubuh. Karena tidak pernah tersentuh penanganan medis dan terapi, untuk upaya penyembuhannya,” ujarnya.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, dunia maya dihebohkan dengan aksi makan sabun yang dilakukan oleh Khosyi’k. Ibu muda asal Desa Dungun, Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo menjilati dan makan sabun mandi. Video itu diunggah pada akun instagramnya dan menjadi viral.

sumber: kumparan.com

Editor: sella.