HETANEWS

Penjelasan DPTb Dalam Regulasi Pemilu 2019

Suasana Rapat Pleno rekapitulasi DPTb di Aulau Siantar Hotel, 16 Februari 2019.

Siantar hetanews.com- Komisioner KPU Siantar, Jafar Sidik, menjelaskan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dalam regulasi Pemilu 2019 berbeda dan DPTb pada saat Pemilu Gubernur (Pilgub) 2018.

Dijelaskannya, DPTb dalam regulasi Pemilu 2019 ini adalah pemilih pindah. Sementara pemilih yang tidak terdaftar namun sudah memenuhi syarat sebagai pemilih disebut sebagai Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Demikian disampaikannya saat membuka rapat pleno rekapitulasi DPTb Kota Siantar dalam Pemilu 2019 di Aula Siantar Hotel, Sabtu (16/2/2019) siang.

"Berbeda dengan saat Pilgub kemarin, DPTb itu pemilih yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, tapi tidak terdaftar di DPT. Sehingga dapat memilih di hari H mulai dari 12.00 WIB sampai 13.00 WIB," jelas Jafar.

Baca juga: KPU Siantar Maksimal DPT Untuk Pilkada Serentak

Kata Jafar, pemilih yang sudah memenuhi syarat namun tidak terdaftar di DPT di hari H nanti, maka masuk dalam DPK. 

"Masih ada informasi jika DPTb itu adalah pemilih yang mengunakan KTP di hari H. Jadi biar kita satukan persepsi, kalau itu (Pemilih) yang menggunakan KTP, tapi tidak terdaftar di DPT, masuk dalam DPK," jelasnya.

Dalam rekapitulasi DPTb di Kota Siantar menggunakan Aplikasi. Melalui aplikasi tersebut, jelas Jafar, setiap proses pemilih pindah akan dilakukan konfirmasi, terkait alamat perpindahan si pemilih tersebut. 

"Proses pemilih pindah ini ada dua macam. Ada pindah keluar dan ada pindah masuk. Itu memang yang lagi kita akomodir hari ini," jelasnya.

Selanjutnya, data dikirimkan melalui aplikasi dan kemudian diterima oleh KPU daerah tujuan. Ia mengatakan, hampir seluruh pemilih di Indonesia mengalami perpindahan. 

Untuk itu pihaknya masih melakukan proses konfirmasi kepada operator KPU terkait pemilih yang pindah di Kota Siantar. 

"Saat ini masih dalam proses peng-konfirmasi-an. Jadi  ini memakan waktu, sehingga tidak memungkinkan kita lakukan rapat pleno pembacaan hasil DPTb di Kota Siantar, karena terus bertambah," jelasnya.

Sebagai tambahan, DPTb adalah pemilih yang sudah terdata dalam DPT, namun ingin pindah memilih di TPS yang berbeda dari lokasi yang didata.

Penulis: gee. Editor: edo.