HETANEWS

Walikota Medan Dampingi Mensos RI Bagikan Sembako kepada 1.000 KK

Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si.,MH mendampingi Wagub Sumut, Musa Rajekshah dan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan bansos kepada warga di Lapangan Benteng, Kota Medan, Kamis (14/2/2019). (foto/biro humas)

Medan, hetanews.com - Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si.,MH., mendampingi Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) sembilan bahan pokok (Sembako) kepada 1.000 Kepala Keluarga (KK) kurang mampu di Lapangan Benteng Kota Medan, Kamis (14/2/2019). 

Bantuan ini merupakan bagian dari Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos RI untuk seluruh daerah di Indonesia. Sembako yang dibagi berupa beras, minyak makan dan gula pasir ini disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Medan yang sudah didata sebelumnya.

Mensos RI Agus Gumiwang mengatakan, kegiatan ini menyasar bagi semua masyarakat kurang mampu di Indonesia, termasuk Kota Medan. “Pembagian sembako ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakat kurang mampu di seluruh Indonesia. Di samping itu menjadi penguat hubungan sosial antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan masyarakat,” kata Agus.

Sementara itu, Wagub Sumut, Musa Rajeckshah mengaku senang dengan adanya pemberian sembako di Wilayah Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan. “Ke depan kami berharap wujud kepedulian tersebut tidak hanya diwujudkan lewat pembagian sembako, tapi juga bisa menghadirkan pelatihan yang mampu meningkatkan sumber daya masyarakat (SDM), sehingga dapat merubah taraf hidup masyarakat menjadi lebih baik,” ujarnya.

Sedangkan Walikota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si.,MH., mengapresiasi pemberian sembako yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu di Kota Medan. “Lewat program PKH tersebut, masyarakat kurang mampu dapat terbantu. Semoga sembako yang diberikan tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya,” ucapnya.

Selanjutnya, walikota berharap penyerahan bansos tersebut sudah sesuai sasaran. Sebab, Dinas Sosial Kota Medan sudah mendata secara rinci kriteria keluarga kurang mampu yang berhak menerima bansos tersebut. Dengan begitu, tidak ada penyerahan bansos yang salah sasaran. 

“Semua mekanisme pendataan sebelum penyerahan bansos terlebih dahulu dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan agar bansos yang diberi benar-benar sampai kepada yang berhak menerima,” pungkasnya.

Sebelum acara berakhir, Mensos RI didampingi walikota dan Wagub Sumut menyerahkan sembako secara simbolis kepada 10 warga penerima bansos. Setelah itu seluruh warga akan diberikan paket bansos, dengan menukarkan kupon yang sudah diberi terlebih dulu oleh petugas PKH Dinas Sosial Kota Medan di tiap kecamatan. 

Penulis: david. Editor: gun.