HETANEWS

Kodrati Kumpulkan 144 Kantong Darah

Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi, Ir. Arif Haryadian, M.Si mendonorkan darah. (M24/Biro Humas)

Medan, hetanews.com - Kodrati (Komunitas Donor Darah Tirtanadi) bekerja sama dengan UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Medan kembali menggelar kegiatan donor darah di Lantai IV Kantor Pusat PDAM Tirtanadi, Jalan SM Raja Medan, Rabu (13/2/2019). 

Selain oleh karyawan PDAM Tirtanadi, kegiatan ini juga diikuti masyarakat umum. Tampak Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi, Ir. Arif Haryadian, M.Si mendonorkan darah.

"Direksi memberikan apresiasi khusus kepada Kodrati yang diketuai oleh Pak Gunawan, karena secara rutin melakukan kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya kegiatan amal ini," ucap Arif Haryadian.
    

Menurut Arif, donor darah adalah kegiatan yang bermanfaat bagi pendonor maupun penerima. Bagi pendonor, kesehatannya pasti lebih baik karena darah yang berganti. Dari sudut agama, jelas sangat mulia. 

"Jadi secara qolbu dia lebih baik, karena dia mempunyai hati yang ikhlas memberikan setetes darahnya untuk orang lain. Bermanfaat bagi orang lain merupakan sebuah kebaikan," jelas Arif mengutip sebuah ayat dari Surat Al Imran Ayat 104, yaitu "Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung".
    

Dalam kegiatan donor darah I Tahun 2019 itu, total yang mendaftar adalah 174 orang. Yang berhasil sebagai pendonor 144 orang dan menghasilkan 144 kantong darah. Sedangkan yang gagal karena alasan kesehatan 30 orang.
    

Kepada media, Ketua Kodrati, Gunawan Hary Mulya menyampaikan, bahwa Kodrati sudah terbentuk sejak tahun 2011. Mereka rutin melakukan kegiatan donor darah per 3 bulan dengan menggandeng PMI Kota Medan.

"Kami di sini mengupayakan pendonoran darah lalu disumbangkan ke PMI. Kiranya Kodrati dapat berperan membantu memenuhi kebutuhan darah yang masih tinggi. Kita sebagai panitia juga mengimbau kepada pegawai atau masyarakat umum agar lebih peduli kepada saudara lainnya yang membutuhkan darah," pungkasnya. 

Penulis: david. Editor: gun.