HETANEWS

Strategi Parpol dan Visi Misi Caleg DPRD Siantar

Siantar, hetanews.com - Menjelang Pilkada serentak di Kota Siantar, Partai Politik (Parpol) mulai melakukan strategi masing - masing untuk memenangkan kontestasi.

DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Siantar punya cara tersendiri untuk memperkenalkan para caleg-nya dalam Pemilihan Legislatif (Pileg).

Ketua DPC PSI Kota Siantar, Chandra Turnip, menjelaskan, PSI mensosialisasikan visi - misi calon legislatif (Caleg) DPRD Siantar dengan bertemu masyarakat dari rumah ke rumah atau kanvasing.

"Sebagai partai yang baru, kami lebih ke sosialisasi. Langsung door to door memperkenalkan caleg, makanya baliho kami tidak terlalu ramai," kata Chandra, Kamis (14/2/2019).

Menurut dia, Undang - Undang Pemilu No 7 Tahun 2017 sudah tepat. Berdasarkan regulasi tersebut, jelasnya, yang menjadi peserta pemilu ialah partai politik bukan caleg. 

"Seperti Pilkada tahun 2014, caleg yang langsung berkompetisi. Makanya rame balihonya, kalau sekarang kan parpol," jelasnya.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Siantar menilai, sosialisasi caleg DPRD Siantar melalui APK sudah tidak dimungkinkan lagi karena waktu yang sudah terbatas.

"Seberapa efektif, apalagi mengingat waktu sekarang ini," kata dia.

Kurang lebih dua bulan lagi Pilkada serentak akan digelar, tepatnya 17 April 2019 yang akan datang. Caleg DPRD Siantar yang ikut berkompetisi dalam Pilkada serentak ini belum terlihat visi dan misinya.

Para caleg DPRD Siantar ada yang berinisiasi mengkampanyekan diri dengan menggunakan media sosial. Ada lagi yang mensosialisasikan diri melalui pertemuan di basis - basis warga.

Ketua KPU Siantar, Daniel Sibarani, mengatakan, masa kampanye caleg di media massa maupun elektronik, yang dijadwalkan akhir Maret 2019, diharapkan menjadi momen untuk mengenalkan diri dengan masyarakat.

Penulis: gee. Editor: gun.