Mon 18 Mar 2019
Menyambut HUT Hetanews.com ke 5, kami membuka peluang terhadap jurnalis-jurnalis muda (usia 21-31) untuk bergabung dengan kami di seluruh wilayah Sumatra Utara (Sumut).
Kirim lamaran dan CV ke alamat Redaksi di Jalan Narumonda Atas No 47, Pematangsiantar-21124, Tel (0622-5893825) HP: 082167489093 (Reni)/ 082274362246 (Tommy Simanjuntak) atau Email: redaksihetanews@gmail.com. Pengumuman ini berlaku dari 7 Maret sampai 7 April 2019. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
ADVERTORIAL

Acara Serah Terima 2 Bangunan dari TPL pada Masyarakat Berlangsung Hikmat di Humbahas

Camat Pollung memotong pita pada acara serah terima Gedung PAUD dari TPL kepada Pemerintah Desa Hutajulu, Rabu (13/2/2019). (Foto/Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Hari ini, Rabu (13/2/2019), PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL), resmi menyerahkan 2 buah bangunan sekaligus, guna dihibahkan untuk masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Bangunan tersebut, 1 buah gedung PAUD di Desa Hutajulu, Kecamatan Pollung, dan 1 buah  gedung balai pertemuan, di Desa Sihotang Hasugian Dolok II, Kecamatan Parlilitan.

Acara serah terima gedung PAUD di Pollung dihadiri oleh Plt Camat Pollung, Parman Lumban Gaol, Kepala Seksi (Kasi) PAUD Dinas Pendidikan Humbahas, Serly  Simamora, Kepala Desa (Kades) Hutajulu, Saurma  Lumban Gaol, beberapa tokoh masyarakat, dan para warga. Sementara dari pihak TPL sendiri, mereka mewakilkan anggota CSR (Corporate Sosial Responsibility) TPL, Yessi Panggabean, Kepala Humas Sektor Tele, Plus Butarbutar, Humas TPL, Dedy Sinaga, dan staf, Sartika Lumban Gaol.

TPL membangun gedung belajar mengajar PAUD Marsiurupan, di Desa Hutajulu, kata Yessy, adalah sebagai wujud peduli mereka dengan dunia pendidikan. Bangunan permanen dengan nilai pembangunan Rp 86 Juta itu, diharapkan akan mampu memotivasi anak-anak desa setempat lebib bergiat belajar.

“Pembangunan gedung PAUD ini tentunya untuk mendukung sarana pendidikan di pedesaan, khususnya Desa Hutajulu yang berdekatan dengan wilayah konsesi perusahaan sektor Tele wilayah Humbahas. Dukungan dunia pendidikan memang sudah menjadi komitmen perusahaan, untuk hidup dan berkembang bersama ma­syarakat,” sebut Yessy, dalam acara serah terima pembangunan ge­dung PAUD Marsiurupan.

Puluhan kepala keluarga di Hutajulu, berharap besar pembangunan fisik gedung PAUD, dapat membantu peningkatan pen­di­dikan bagi anak-anak mereka. Mereka juga mengucapkan rasa terimakasih terhadap TPL yang telah memperhatikan kelangsungan pendidikan anak-anak mereka.

Kades Hutajulu, Saurma Lumban Gaol mengatakan, kebutuhan terhadap pendidikan anak di wilayah desanya semakin bertambah seiring dengan pertum­buhan masyarakat. Menurutnya, pembangunan gedung PAUD Marsiurupan secara permanen oleh TPL, memberi pengaruh besar terhadap perkembangan pendidikan anak khususnya usia dini.

“Saya mewakili masyarakat sangat berterimakasih terhadap TPL. Sebab bantuan ini akan mengubah wajah pendidikan di Desa ini khususnya PAUD,"ujar Saurma dalam acara serahterima gedung PAUD antara Pemerintah Desa dan TPL.

Kades Sihotang Hasugian Dolok II, Musa Sihotang, memotong pita pada acara serah terima Bangunan Serba Guna dari TPL kepada Pemerintah Desa setempat, Rabu (13/2/2019). (Foto/Rachmat Tinton)

Sementara itu, Kadis Pendidikan Humbahas, melalui Kepala Seksi, Serly Simamora, berharap besar persoalan pendidikan anak usia dini men­jadi perhatian bersama, baik pemerintah, pihak swasta maupun masyarakat. Sebab menurutnya, untuk persoalan PAUD di pedesaan, diperlukan sarana dan prasarana pendidikan, yang selama ini belum seluruhnya tersosialisasi oleh anggaran pemerintah.

Sehingga menurut Serly dengan dibangunnya gedung PAUD di Desa  Hutajulu oleh pihak TPL, memberikan semangat baru bagi pemerintah dan masyarakat di wilayah desa. Pada dasarnya, menurutnya, PAUD sangat penting bagi anak usia dini, karena 80 persen kecerdasan pikiran anak ada pada usia dini.

“Saya sangat berbangga hati dengan adanya CSR dari TPL di sektor pendidikan memberikan semangat baru bagi kami dan masyarakat. Terimakasih yang tak terhingga kami sampaikan. Salam dari Kadis Pendidikan, dari Kabid,”sebut Serly didampingi bunda PAUD Marsiurupan.

Senada, Plt Camat Pollung, Parman Lumban Gaol, juga menghaturkan rasa terimakasihnya terhadap TPL. Ia juga mengingatkan para warga agar senantiasa merawat gedung PAUD tersebut.

"Ini adalah sebuah kehormatan bagi kita. Bangunan ini kita yang rawat. Kalau bukan kita, siapa lagi. Kita patut mensyukuri ini,"ucap Parman.

Pada kegiatan itu, Camat Pollung juga didaulat untuk memotong pita di pintu masuk gedung PAUD Marsiurupan tersebut. Hal itu sebagai tanda, bahwa sudah resminya bangunan itu diserahkan oleh TPL kepada masyarakat setempat melalui pemerintah.

Seusai dari di Pollung, acara serah terima satu buah bangunan balai pertemuan juga berlangsung di Desa Sihotang Hasugian Dolok II, Kecamatan Parlilitan. Acara itu dihadiri oleh Kades setempat, Musa Sihotang. Juga turut hadir beberapa tokoh masyarakat sebagai perwakilan para warga.

Dalam acara itu, Musa Sihotang tak lupa mengemukakan rasa terimakasihnya kepada TPL. Ia berharap, gedung yang dibangun dengan dana 210 juta itu akan bermanfaat besar untuk warganya.

"Terimakasih untuk TPL karena sudah menghibahkan gedung ini untuk masyarakat. Saya mewakili warga di sini sangat terharu dan berterimakasih akan hal ini,"ucap Kades Sihotang Hasugian Dolok II itu.

Pada acara itu, Musa Sihotang menjadi pemotong pita yang dipasang di pintu masuk gedung. Dengan memakai gunting, Kades tersebut memotong pita dan disambut tepuk tangan dari para hadirin.

Penulis: rachmat. Editor: gun.