HETANEWS

Angka Penyakit DBD Di Paluta Menurun

Kabid Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Dinkes Paluta Rudi Batu Bara.(Foto/Kevin)

Paluta, Hetanews.com - Maraknya kasus demam berdarah dengue (DBD) di sejumlah wilayah di Indonesia, menjadi momok menakutkan masyarakat di sejumlah daerah khususnya Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Mengantisipasi hal itu, Dinas Kesehatan Paluta, mengeluarkan data angka penyakit DBD dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2019.
 
"Setelah kita cek kelapangan, tahun 2019 ini tidak kita temukan kasus DBD di Kabupaten Paluta," ujar Kepala Dinas Kesehatan, melalui Kabid Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Rudi Batu Bara kepada Hetanews ketika ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/02/2019).

Masih Kata Rudi, Kabupaten Paluta masih minim kasus DBD.

"Memang kasus DBD pernah ada ditemukan pada tahun 2018, yakni ada 4 kasus, namun kasus DBD bisa kita tangani dan pasien sudah pulang," ujarnya lagi.

Untuk penanganan sendiri, pihaknya selalu gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang menjaga kebersihan lingkungan, dan juga rutin melaksanakan Fogging.

"Kita punya program fogging dan selalu kita laksanakan, selain itu kita juga sering terjun langsung ke masyarakat untuk sosialisasi agar masyarakat sadar akan lingkungan," ungkapnya.

Memasuki musim pancaroba dan intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten Paluta, ia menghimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, agar penyakit DBD yang datangnya dari nyamuk Aedes aegypti tidak datang kerumah masyarakat.

Penulis: tim. Editor: tom.

Gunakan tombol di bawah untuk membagikan artikel ini!