HETANEWS

APK yang Difasilitasi KPU Siantar Banyak Tidak Terpasang

Beberapa gambar Caleg yang dimuat dalam Billboard Komersil dipajang diantara iklan rokok, ditemui dipersimpangan Jalan Sangnaualuh-Jalan Pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Siantar (foto : Hughes)

Siantar, hetanews.com - Alat Peraga Kampanye (APK) yang difasilitasi oleh KPU Siantar untuk Partai Politik nyaris tak terlihat di sejumlah tempat, khususnya di zona kampanye yang telah ditetapkan. 

Ketua KPU Siantar, Daniel Sibarani, mengungkapkan APK tersebut sudah didistribusikan ke setiap Partai Politik peserta pemilu yang ada di Kota Siantar, awal November 2018.

KPU Siantar, kata Sibarani, memfasilitasi 10 baliho dan 16 spanduk. Sementara hingga saat ini, di zona kampanye yang telah ditentukan untuk APK tersebut, nyaris tak terpasang.

"Sudah kita keluarkan juga surat himbauan, supaya APK itu dipasang. Memang KPU hanya memfasilitasi APK saja, kalau memasang itu tanjung jawab partai masing masing," kata Ketua KPU Siantar, Selasa (12/2/2019).

Daniel menjelaskan, APK Tambahan dari peserta pemilu juga dibatasi. Untuk satu Partai Politik (Parpol) maksimal 5 per kelurahan.

Bila Caleg ingin mencetak APK, tentu harus berkordinasi dahulu kepada Parpol. Sambung Daniel, terkait pemasangan APK tersebut, KPU pernah menanyakan hal itu ke masing-masing Parpol. 

Baca juga: Bawaslu Siantar: Kemana APK dari Negara? Hanya Dua Baliho Ditemukan

"Pernah kita konfirmasi ke Parpol, ada yang bilang  sebagian sudah dipasang, sebagian lagi menunggu. Kita lihat sampai sekarang masih minim," ungkap Daniel saat ditemui disela sela kesibukannya,memantau penyusunan Kotak Suara di Jalan Asahan, Kota Siantar.

Ketua Bawaslu Kota Siantar, Sepriandison Saragih, mengatakan hasil dari investigasi Bawaslu Siantar, hanya 2 baliho yang ditemukan terpasang. Diantaranya dari Partai Perindo dan PPP. 

Sepriandison menjelaskan, bila para caleg ingin mempromosikan diri melalui APK, silahkan berkonsultasi kepada partai masing masing. "Kita juga ingin suasana Pileg terasa di kota ini. Salah satunya melalui APK," ungkap Sepriandison, saat diwawancarai pekan lalu.

Amatan hetanews sejak beberapa bulan terakhir, menjelang perhelatan Pilkada serentak di Kota Siantar sepi akan baliho maupun spanduk dari Caleg. 

Adapun yang ditemui beberapa diantaranya adalah Billboard yang dipasang di papan reklame komersil, diseputaran jalan protokol di Kota Siantar. 

Penulis: gee. Editor: edo.