HETANEWS

Kota Tebingtinggi Tuan Rumah STQH ke-16 Tingkat Sumut

Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan saat memimpin rapat persiapan tuan rumah Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist Nabi (STQH) Ke - 16 tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. (foto/rps)

Tebingtingg, hetanews.com -  Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, memimpin rapat persiapan tuan rumah Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist Nabi (STQH) ke - 16 tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan diadakan di Kota Tebingtinggi, Selasa (12/2/2019), di ruang Mawar Gedung Balai Kota Tebingtinggi.

Hadir dalam rapat ini, Kajari, Muhammad Novel, Ketua LPTQ Provinsi Sumatera Utara, DR H Asren Nasution, mewakili Kapolres, Ketua LPTQ, H Yusup Rekso, Pabung 0204/DS, Kakan Kemenag Tebingtinggi, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, serta para Camat se Kota Tebingtinggi. 

Dalam sambutannya, Wali Kota turut menyampaikan tentang kesiapan Kota Tebingtinggi yang akan bertindak sebagai tuan rumah kepada Ketua LPTQ Provinsi Sumut, bahkan panitia lokal juga sudah merekomendasikan puluhan rumah warga yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat tinggal kafilah dari tiap daerah/kota yang hadir.

Selain itu, hotel dan rumah makan juga akan disiapkan untuk menyambut para kafilah, serta tidak lupa Pemko Tebingtinggi juga akan tetap berupaya untuk menyiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam menyukseskan kegiatan STQH ke 16 ini. "Semoga kegiatan seleksi tilawatil qur'an dan hadist nabi Ke - 16 tingkat Provinsi Sumut yang akan diadakan di Tebingtinggi ini dapat berjalan dengan sukses," imbuh Wali Kota.

Sementara itu, Ketua LPTQ Provinsi Sumut, H Asren Nasution, mengatakan, bahwa baru kali ini pelaksanaan STQH dilakukan di luar Kota Medan, dan Kota Tebingtinggi terpilih untuk menjadi tuan rumah kegiatan ini. Dan dari expos yang disampaikan oleh Wali Kota, Asren Nasution yakin Kota Tebingtinggi mampu untuk melaksanakan kegiatan STQH tersebut.

"Melihat dari kesiapan Kota Tebingtinggi saat ini, kita yakin jika MTQ Tahun 2020 yang akan datang, pelaksanaannya juga akan dilakukan di Kota Tebingtinggi, dan Kota Tebingtinggi pasti mampu untuk melaksanakannya,"ujar Asren Nasution.

Dari hasil rapat, STQH ke- 16 tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 9 April hingga 14 April 2019. Dan seleksi akan dilaksanakan di enam (6) tempat, yaitu, di Lapangan Merdeka Kota Tebingtinggi (arena utama), Gedung Balai Kartini (baru) Jalan Gunung Lauser, Islamic Center, Gedung Hj. Sawiyah Nasution, Gedung Balai Kartini (lama) Jl Imam Bonjol dan Masjid An Namirah di Jalan Gunung Lauser.        

Selanjutnya kepada Kafilah yang ingin mengikuti STQH ini dapat melakukan pendaftaran, pada hari Senin, 8 April 2019, mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai yang akan dilaksanakan di Anjungan Sri Mersing (Lapangan Merdeka). Dan pembukaan STQH akan dilakukan pada Selasa, 9 April 2019, pukul 20.00 WIB, di Arena Utama Lapangan Merdeka Tebingtinggi.

Selanjutnya perlombaan masing-masing cabang dan golongan dimulai Rabu, 10 hingga Sabtu, 13 April 2019, pukul 08.00 Wib di masing -masing lokasi. Adapun cabang- cabang yang diperlombakan diantaranya, Tilawah anak-anak (PA/PI), Tilawah Dewasa (PA/PI), Tahfizh 1 Juz Tilawah (PA/PI), Tahfizh 5 Juz Tilawah (PA/PI), Tahfizh 20 Juz (PA/PI), Tahfizh 30 Juz (PA/PI), Tafsir Bahasa Arab (PA/PI) dan Hadist Nabi (PA/PI).

Penulis: rps. Editor: gun.