Mon 18 Feb 2019

KPU Siantar Persiapkan Kotak Suara Untuk Pilkada Serentak

Perakitan Kotak Suara berbahan Duplex di sebuah gudang yang beralamat di Jalan Asahan-Simpang Sambo, Kota Siantar. Kotak suara dari gudang ini akan mendistribusikan kotak suara khusus di Dapil III Kota Siantar, Selasa 12 Februari 2019 (foto:Hughes)

Siantar, hetanews.com - KPU Siantar tengah mempersiapkan kotak suara untuk persiapan pemungutan suara yang akan dilangsungkan pada 17 April 2019 yang akan datang. 

Kotak suara yang berbahan material Duplex ini tengah dirakit di tiga tempat, untuk mempermudah pendistribusian sesuai dengan tiga daerah pemilihan (Dapil) di Kota Siantar. 

Ketua KPU Siantar, Daniel Sibarani mengatakan, perakitan kotak suara ini sudah berlangsung selama empat hari. Perakitan ditargetkan selesai Rabu besok.

Daniel menjelaskan KPU Siantar membutuhkan sebanyak 3.918 Kotak Suara. Sampai saat ini KPU masih menerima kotak suara sebanyak 3.888.

"Kita sudah menyurati KPU Pusat untuk kekurangan kotak suara. Untuk kekurangannya ada 30 kotak suara lagi," jelas Daniel, ditemui di gudang perakitan kotak suara, Jalan Asahan Simpang Sambo, Selasa (12/2/2019) sore.

Baca juga: Status Caleg DPRD Siantar, Efendi Tambunan, Akan Diumumkan Di TPS

Ia mengungkapkan, kekurangan kotak suara serta jumlah kotak suara yang telah diterima dalam kondisi rusak, direncanakan akan disampaikan secara bersamaan, agar pengirimanya dilakukan sekaligus.

"Kita usahakan ini selesai  besok (perakitan), kemudian tanggal 14 Februari akan kita laporkan berapa kotak suara yang rusak serta jumlah kotak suara yang kurang itu," ungkapnya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya masih menemukan satu kotak suara yang dalam keadaan rusak.

Perakitan kotak suara ini dilakukan di tiga tempat (gudang) dengan rincian: Dapil I 1350 kotak suara, Dapil II 1060 kotak suara dan Dapil III 1395 kotak suara, untuk didistribusikan ke 761 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 53 Kelurahan.

"Ini yang terakhir di gudang untuk Dapil III ini, kalau ditempat yang lainya sudah selesai," katanya.

Setelah kotak selesai dirakit, sambung Daniel, akan dilakukan treatment, membungkus kotak suara berbahan duplex itu dengan plastik serta menyemprotkan anti rayap, agar mengantisipasi kerusakan.

Materil kotak suara yang dipakai saat ini berbahan Duplex. Berbeda dengan kotak suara di pemungutan suara tahun sebelumnya, yang berbahan material kaleng. Kotak suara yang lama sekarang sedang proses lelang. 

Penulis: gee. Editor: edo.