HETANEWS

Kena Pungli di Kebun Teh Sidamanik? Hubungi Nomor Ini

Plang himbauan yang didirikan Koramil 17 Sidamanik, di lokasi wisata kebun teh Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun. (foto/pranoto)

Simalungun, hetanews.com- Terkait maraknya pungli, di lokasi agro wisata kebun teh Sidamanik, pihak Komando Rayon Militer (Koramil) 17 Sidamanik, mendirikan plang berisikan himbauan.

Amatan hetanews.com, Selasa (12/2/2019), plang berwarna hijau dengan tulisan berwarna kuning itu berdiri tepat, di pinggir jalan lokasi kebun teh.

Adapun isi himbauan, ditujukan kepada para wisatawan untuk diminta tidak melayani kutipan apapun yang mengatasnamakan mitra Koramil 17 Sidamanik karena hal itu illegal.

Selain himbauan, didalam plang juga tertulis nomor telepon seluler piket Koramil 17 Sidamanik (081363459026). Menurut salah seorang pedagang, plang tersebut didirikan langsung oleh personel Koramil 17 Sidamanik.

"Tadi jam setengah 11 siang plang nya diberdirikan bang. Rame tadi disini tentara baju dinas," ujar seorang pedagang.

Sebelumnya Komandan Koramil 17 Sidamanik, Kapten Inf Maludin Saragih, geram atas ulah sejumlah oknum yang melakukan pungli dengan mencatut instansi TNI.

Baca juga: Pungli di Kebun Teh Sidamanik, Danramil 17 Sidamanik: Illegal dan Melawan Hukum

Modus operandi yang dilakukan ialah dengan meminta sejumlah uang retribusi parkir dan biaya foto kepada wisatawan, di lokasi kebun teh, melalui karcis bertuliskan mitra Koramil 17 Sidamanik.

"Tangkap dan tindak oknum yang melakukan pungli dan mengatasnamakan mitra Koramil 17. Kami telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Kepada masyarakat dan pengunjung untuk dapat menghubungi nomor telpon yang tercantum di plang himbauan, bila melihat maupun merasa dipungli," tegas Kapten Maludin.

Penulis: pranoto. Editor: gun.