Wed 24 Apr 2019

Status Caleg DPRD Siantar, Efendi Tambunan, Akan Diumumkan Di TPS

Ketua KPU Siantar, Daniel M.D Sibarani (kanan) berbincang dengan salah seorang relawan di ruang kerjanya, 17 Januari 2019 (foto:KPUD Siantar)

Siantar, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar memberikan penjelasan atas meninggalnya seorang Caleg DPRD Siantar dari Partai Demokrat, Efendi Tambunan. Efendi meninggal dunia karena sakit, pada Senin malam.

"Kita menunggu Partainya melaporkan ke KPU. Setelah dilaporkan orang itu beserta dokumennya, baru kita klarifikasi," jelas Ketua KPU Siantar, Daniel Sibarani, Selasa (12/2/2019) sore.

Daniel yang ditemui disela-sela perakitan kotak suara di Jalan Asahan-Simpang Sambo, Kecamatan Siantar Timur menjelaskan, berdasarkan surat edaran KPU, maka status Caleg yang meninggal dunia akan diumumkan nantinya di TPS.

"Nanti (saat pemungutan suara) kita umumkan lah di TPS, bahwa caleg dari partai ini, nomor urut ini, sudah meninggal dunia dan tidak memenuhi syarat sebagai calon tetap," terangnya.

Baca juga: Sebelum Meninggal Dunia, Caleg DPRD Siantar Ini Berpesan Kepada Istri

Ia menjelaskan, meski dalam pemilihan nanti ada yang memilih Caleg tersebut, maka suaranya tidak serta merta hangus. Akan tetapi masuk dalam suara partai. 

Daniel juga menegaskan, pasca ditetapkan DCT (Daftar Calon Tetap) maka pergantian caleg yang meninggal dunia sudah tidak dimungkinkan lagi. Apalagi, kemungkinan besar, surat suara pun sudah dicetak. 

"Partai nanti yang membuat pemberitahuan, atau kita nanti yang buat klarifikasi, berdasarkan informasi yang kita dapat. Tapi, secara prosedur, partai yang melapor ke kita (KPU). Jadi berdasarkan surat partai itu lah kita buat pengumuman ke TPS," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Efendi Tambunan Caleg DPRD Siantar Nomor 7 Dapil I meninggal dunia karena sakit. Dua daerah pemilihan Caleg dari Partai Demokrat Siantar ini ialah Kecamatan Siantar Utara dan Kecamatan Siantar Barat.

Penulis: gee. Editor: edo.