Thu 21 Feb 2019

Dipengaruhi Teman, Remaja Nekat Curi Mobil Keluarga Hingga Tak Tahu Menjual dan Tertangkap Polisi

Tiga pelaku pencurian mobil dan barang bukti hasil curian saat diamanakan di Polsek Siantar Utara, Senin (11/2/2019). (foto/hza)

Siantar,hetanews.com - Polsek Siantar Utara, meringkus tiga pelaku pencurian mobil Kijang Krista warna silver BK 1934 TJ, milik Hj Sorimuda Siregar (84) dari rumahnya, di Jalan Sriwijaya, Kelurahan Melayu, Kecamatan Siantar Utara, yang terjadi, pada Jumat (8/2/2019), lalu.

Kini ketiga pelaku, yakni, berinisial HW (24), warga Marihat Mahanda II, Kecamatan Silampuyang, Kabupaten Simalungun, IS (16), asal Jalan Karya Desa Jengkol Doyang Simalungun dan M (17), warga Kampung Jawa Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, meringkuk di sel tahanan Polsek.

Kepada petugas, awalnya pelaku tidak ada niat untuk mencuri mobil milik Hj Sorimuda Siregar yang berhubungan keluarga dengan pelaku IS.

Diketahui, hubungan keluarga pelaku IS dan korban, yakni, adik korban menikah dengan kakak mamak pelaku IS.

Tak sampai disitu saja, sebelum mencuri, IS dan rekannya akan berangkat ke Saribudolok untuk bekerja di rumah makan. Karena rekan yang mereka tunggu tidak datang dan ongkos kurang, IS dipengaruhi teman untuk mencuri mobil milik familynya tersebut untuk jalan menuju ke Saribudolok.

Setelah tiba dirumah korban, IS dan rekannya masuk ke rumah korban dan bertamu hingga disuruh makan oleh korban. Saat korban lengah, para pelaku beraksi dan membawa kabur mobil korban.

"Jadi pelaku IS ini sejak kecil berumur 10 tahun sudah tinggal di rumah korban. Jadi letak kunci mobil dan letak kunci pagar telah mengetahuinya,"ujar Kapolsek Siantar Utara, AKP Lintas Pasaribu melalui Kasubbag Humas, Iptu Resbon Gultom, Senin (11/2/2019).

Lanjutnya lagi, tertangkapnya tiga pelaku atas laporan korban sesuai dengan laporan polisi: LP: 06/II/2019/SU/STR/Sektor Siantar Utara, tanggal 8 Pebruari 2019.

Baca juga: Terlibat Pencurian Mobil di Jalan Sriwijaya, 2 Pelaku Diringkus dari Kabupaten Simalungun

"Setelah kita terima laporan korban dan melakukan penyelidikan. Kita dapat informasi kalau pelaku dan barang bukti berada Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun. Informasi itu kita dapat hari Sabtu (9/2/2019) malam," ujar Iptu Resbon.

Lanjutnya, saat dilakukan pengejaran dan tiba di Polsek Tanah Jawa untuk berkoordinasi, pelaku melintas dengan mengendarai barang bukti hasil curian.

"Personel melakukan pengejaran hingga ke Hutabayu Raja. Disana, pelaku IS dan M berhasil diamankan berkat bantuan personel Polsek Tanah Jawa dan  warga setempat," ucapnya seraya menyampaikan, dari hasil interogasi, IS serta M mengakui melakukan pencurian mobil bekerjasama dengan pelaku lain yakni, HW.

"Dari pengakuan keduanya, kita kembangkan dan berhasil menangkap pelaku HW, di Tangga Batu Kampung Jawa Kabupaten Simalungun, pada Minggu (10/2/2019) malam,"pungkasnya.

Penulis: hza. Editor: gun.