HETANEWS

BKSDA Aceh Sita Orangutan Sumatera Peliharaan Anggota TNI

Anak Orangutan Disita dari Warga di Aceh

Aceh, hetanews.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyelamatkan seekor Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dari tangan seorang anggota Koramil 04 Sawang di Gampong Blang Gelanggang, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan.

Hewan dilindungi ini dijemput Tim Resort 15 Tapaktuan SKW II BKSDA Aceh, Sabtu (9/2) atas permintaan Danramil setempat. Orangutan jantan berusia 4 tahun ini selanjutnya dibawa ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Sibolangit, Sumatera Utara (Sumut) untuk menjalani rehabilitasi.

"BKSDA Aceh bersama mitra Orangutan Information Center (OIC) telah mengevakuasi satu individu orangutan sumatera (Pongo abelii) yang dipelihara oleh anggota Koramil 04 Sawang Aceh Selatan," kata Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabomo, di Banda Aceh, Senin (11/2).

Kasi BKSDA Wilayah II Subulussalam, Hadi Sofyan menjelaskan, Orangutan dipelihara sejak 2 tahun lalu oleh anggota Koramil 04 Sawang. Setelah diminta serahkan oleh pimpinannya, hewan dilindungi itu dijemput oleh BKSDA Aceh.

"Informasi dipelihara sejak kecil. Tetapi detil didapat dari mana tidak kita gali informasi. Danramil yang meminta kita untuk jemput," kata Hadi Sofyan.

Berdasarkan data Human-Orangutan Conflict Response Unit-Orangutan Information Center (HOCRU-OIC), populasi Orangutan di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) sekitar 13.700 ekor pada 2018. Bila pemeliharaan atau perburuan terus dibiarkan, dikhawatirkan Orangutan akan mengalami kepunahan.

Pada 2018, ada enam ekor Orangutan berhasil disita dari tangan warga. Sedangkan yang tersesat dalam kawasan hutan sebanyak 14 ekor. Semua dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

BSDA Aceh juga telah menyita satu individu Orangutan di Gampong Paya, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Selasa (22/1) lalu. Orangutan itu sudah dipelihara oleh seorang warga di gampong tersebut selama 6 bulan.

Berselang satu hari, BKSDA, HOCRU-OIC dan kepolisian juga menyita satu individu Orangutan di Gampong Suka Makmur, Kecamatan Indra Makmur, Kabupaten Aceh Timur, Rabu (23/1). Anak Orangutan ini berusia satu tahun diberi nama Aji.

Pada tahun 2019 ini, BKSDA Aceh sudah menyita 3 individu Orangutan. Ketiganya sudah dibawa ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Sumatera di Sibolangit, Sumatera Utara (Sumut) untuk menjalani rehabilitasi. 

sumber: merdeka.com

Editor: sella.