HETANEWS

Divonis Masuk RS Jiwa, Kompol Fahrizal akan Jalani Sidang Internal

Kompol Fahrizal saat diamankan Polda Sumut.

Medan,hetanews.com - Kompol Fahrizal, akan menjalani sidang internal kepolisian, menyusul vonis bersalah peradilan umum hakim Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (7/2/2019).

Mantan Waka Polres Lombok Tengah tersebut, dinyatakan bersalah melakukan tindak pembunuhan dengan cara menembak adik iparnya.

"Kalau sidang internal, pasti dilakukan meski yang bersangkutan tidak dibebankan hukuman pidana,"kata Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Jumat (8/2/2019).

Namun, Nainggolan belum bisa memastikan tempat pelaksanaan sidang internal Kompol Fahrizal.  Sebab, saat peristiwa penembakan adik iparnya, Jumingan itu, Kompol Fahrizal menjabat Waka Polres Lombok Tengah. 

Namun, peristiwa itu terjadi di Tirto Sari Gang Keluarga, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, pada 4 April 2018, lalu.

"Belum tahu kita dimana sidangnya nanti digelar. Tapi, kalau di Polda NTB, kita (Polda Sumut) akan mengirimkan berkas yang dibutuhkan untuk persidangan itu,"imbuh Nainggolan.

Sebelumnya, mantan Kasat Reskrim Polresta Medan itu tidak dibebankan hukuman penjara oleh majelis hakim karena mengalami gangguan jiwa.

"Menyatakan terdakwa secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dakwaan ke satu Pasal 338 KUHPidana, tetapi kepada terdakwa tidak dibebankan hukuman pidana," ucap Richard Silalahi, dalam sidang putusan, di ruang Cakra 6, PN Medan, Kamis (7/2/2019) sore.

Baca juga: Alamak!! Dokter Bilang Penyakit Kompol Fahrizal Sewaktu-waktu Bisa Kambuh Lagi

Dalam amar putusannya, majelis hakim juga memerintahkan agar terdakwa dikeluarkan dari tahanan dan dirawat di rumah sakit jiwa.

Putusan ini sama dengan tuntutan JPU Randi Tambunan. Dalam pembelaannya, kuasa hukum terdakwa juga menyatakan sikap serupa.  Fahrizal menyerahkan diri ke Polrestabes Medan.

Penulis: adr. Editor: gun.