HETANEWS

Jelang Pemilu, KPU dan Bawaslu Sumut masih Minim pemberitaan Media Daring

Samsul Halim Ritonga.

Medan,hetanews.com-Pemantau Pemilu Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Provinsi Sumatera Utara, merilis hasil pemantauan untuk pemberitaan yang dilakukan penyelenggara Pemilu di Sumatera Utara, pada awal tahun 2019.

Selain itu, JPPR Sumut juga menyampaikan, bahwa konten berita yang terpublikasi didominasi oleh pemberitaan internal kelembagaan penyelenggara.

Menurut Manager Pemantauan JPPR Sumut, Samsul Halim Ritonga, media online merupakan sarana masyarakat untuk memperoleh berita dan informasi.KPU dan Bawaslu Sumut, seharusnya bisa lebih mengajak pers untuk membantu mewujudkan Pemilu yang baik.

Sejak awal tahun, KPU Sumut hanya ada 6 pemberitaan di media online yang kontennya hanya seputar kegiatan saja.Tidak ada ajakan bagi masyarakat untuk berpartisipasi. Sementara Bawaslu Sumut, ada 7 pemberitaan yang hampir setengahnya memuat tentang perseteruan sesama anggota, perihal pergantian ketua.

Baca juga: Pergantian Ketua, Pemantau Ragukan Kekompakan Bawaslu Sumut

"KPU dan Bawaslu Sumut seharusnya melek kebutuhan masyarakat. Media daring bisa jadi alternatif untuk mensosialisasikan informasi kepemiluan terhadap pemilih.KPU menyibukkan diri dengan pemberitaan kegiatan dan Bawaslu Sumut dengan persoalan ketuanya. Padahal Pemilu hampir dua bulan lagi, tutup Samsul lewat keterangan tertulisnya, Kamis (7/2/2019).

Penulis: tim. Editor: gun.