HETANEWS

Warga Siantar Utara Ini Jualan Sabu Divonis 7 Tahun

Anto berjalan meninggalkan ruang sidang usai divonis 7 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com-Darwanto Saragih alias Anto (38), warga Siantar Utara, Kota Siantar, dibui 7 tahun denda Rp.1 Milyar subsider 3 bulan penjara, di PN Simalungun, Kamis (7/2/2019). Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah, melanggar pasal 114 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.

Anto terbukti menjual dan mengedarkan sabu, dan ditangkap dari sebuah warung depan rumahnya, pada Kamis, 26 Juli 2018, sekitar pukul 19.15 WIB, lalu, oleh Satnarkoba Polres Simalungun, Syarif Noor Sholin, Fernando Nababan dan Efraim Purba.

Terdakwa diamankan bersama  barang bukti sabu yang dibungkus dengan kertas timah rokok.  Malam itu, terdakwa sedang duduk menunggu Selamat (disidang terpisah) yang akan membeli sabu.          

Terungkap dalam persidangan, sabu dibeli Anto dari Dedi (DPO), di jalan Salak seharga Rp.1 juta sebanyak setengah gram dan telah  dijual kepada kondektur intra, sisanya dipaket dan dijual kepada siapa saja yang datang membeli.          

Vonis majelis hakim, pimpinan A Hadi Nasution tersebut  lebih ringan 1 tahun dari tuntutan jaksa,  Friska Marlina, yang sebelumnya menuntut selama 8 tahun penjara dan denda yang sama dengan putusan hakim.

Didampingi pengacara, Antoni Sumihar Purba dari Posbakum PN Simalungun, terdakwa masih pikir- pikir atas vonis tersebut. "Pikir-pikir yang mulia,"kata terdakwa saat ditanya tanggapannya atas vonis tersebut.

Penulis: ay. Editor: gun.